Menjaga Keseimbangan Gerakan Serikat Pekerja Dengan Kemandirian Ekonomi

  • Whatsapp
Koperasi UBSSM

Bekasi, KPonline – Saat ini, persoalan dan masalah ketenagakerjaan semakin parah (kritis). Dari begitu mudahnya pengusaha kabur tanpa terlebih dahulu memberikan hak-hak kepada pekerjanya, union busting (pemberangusan serikat pekerja), intimidasi terhadap aktivis, ancaman PHK massal, hingga dan penolakan/pelemahan gerakan serikat pekerja.

Patut diduga ada upaya “membenturkan” gerakan serikat pekerja dengan Organisasi Masyarakat (Ormas) maupun penghadangan, mempersulit derakan serikat pekerja dan lebih cenderung reprensif dalam penanganan setiap aksi buruh.

Bacaan Lainnya

“Dinas Ketenagakerjaan” (Pemerintah) yang diharapkan ,menjadi pengawas yang netral demi terciptanya hubungan yang baik antara pengusaha dan pekerja. Tentunya, hubungan ini saling menguntungkan untuk kedua pihak.

Akan tetapi, ada kesan, pemerintah justru berpihak pada pengusaha. Mereka seolah tutup mata dan belum bisa bekerja secara maksimal dalam menindak pelanggaran yang dilakukan pengusaha. Yang pasti , pada akhirnya, pekerjalah yang dikorbankan.

Belum lagi persoalan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kenaikannya tidak signifikan.

Banyaknya persoalan-persoalan Ketenagakerjaan diatas,  Koperasi UBSSM hadir dan bisa menjadi solusi, sebagai penyeimbang gerakan.

Seperti, yang saya kutip dari semangat Henut Hendro dan kawan-kawan dalam membangun kekuatan ekonomi pekerja, berikut ini:

Worker Mart adalah salah satu usaha retail yang dibangun oleh UBSSM untuk memenuhi kebutuhan harian bagi anggota dan keluarga juga masyarakat umum. Dan Worker Mart ini dimiliki oleh anggota maupun masyarakat yang telah bergabung menjadi anggota UBSSM.

Siapapun bisa memiliki UBSSM dengan semua unit usahanya yang dibentuk dengan syarat masuk menjadi anggota.

Keanggotaan UBSSM terbuka untuk siapapun dan umum, pendaftaran keanggotaan bisa dilakukan melalui aplikasi ” Worker Mobile ” yang telah tersedia di play store, atau bisa datang langsung ke :

Sekretariat ,
Koperasi UBSSM di Perum Kota Serang Baru ,Kavling A.1 No.4
Sukaragam, Serang Baru,Bekasi.

Koperasi UBSSM dibentuk dalam rangka membangun kesejahteraan dan kemandirian ekonomi bersama dengan jalan mendirikan unit unit usaha ekonomi , serta bersama sama dalam saling menolong sesama dengan bersama ,dan juga menumbuhkan peluang peluang kerja untuk pekerja yang terphk maupun masyarakat.

Kami tunggu kawan kawan semua dari semua lapisan masyarakat dan elemen profesi untuk bergabung menjadi anggota UBSSM demi membangun masa depan bersama.

Worker Is Owner

UBSSM THE SPIRIT OF WORKER

Selamat menata masa depan, sehat bahagia selalu bersama keluarga.

(Y. Rawadi)

Pos terkait