Media Perdjoeangan Jatim Adakan Rakertrip ke Blitar

  • Whatsapp

Sidoarjo, KPonline – Sejak beberapa tahun terakhir, ada satu tim yang ikut mengiringi perjuangan buruh. Keberadaanya tidak begitu di perhatikan, namun setelah kurang lebih empat tahun berlalu, apa yang sudah mereka lakukan sudah bisa dirasakan manfaat keberadaanya.
Di tahun 2017 ini kita bisa tahu apa yang dilakukan para buruh Jawa Timur pada tahun 2013 melalui karya mereka. Ada foto, video, maupun berupa tulisan.

Apabila di jejer satu persatu maka kita akan bisa mengevaluasi diri tentang bagaimana giroh perjuangan di tahun tahun lalu dibandingkan dengan sekarang.

Bacaan Lainnya

Mereka dulu biasa disebut Tim Media. Awalnya mereka rela melakukan tugas-tugas itu lantaran memang sudah menjadi hobby dan merasa bangga bila kemampuannya bisa bermanfaat bagi pergerakan buruh. Meskipun di jalur yang tidak biasa. Di Jawa Timur, tim media resmi terbentuk pada akhir tahun 2016, tepatnya pada 26 November.

Barulah tim media tersebut resmi terbentuk dalam Rapat Kerja Wilayah Media yang diadakan di Kantor PC SPL FSPMI Kab Sidoarjo yang di hadiri oleh pengurus Media Perdjoeangan Nasional, Iwan Budi Santoso. Setidaknya ada sekitar 30 orang dari lima daerah ring I Jatim (Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, Gresik, dan Pasuruan) tergabung dan membentuk sembilan Divisi Media serta rancangan kerja tiap divisi.

Mengingat setiap personal anggota Media Perdjoeangan adalah para pekerja pabrik, jadi rencana kerja yang sudah dibuat sepertinya belum bisa terwujud. Oleh karenanya disepakati untuk diadakan rapat kerja lanjutan untuk mencari solusi agar apa yang sudah direncanakan bisa terwujud.

Tercetuslah ide untuk mengadakan rapat yang digabung dengan berpetualang mengingat rata rata mempunyai hobby travelling. Dengan harapan kita bisa langsung praktek teknik fotografi dan videografi serta bertukar ilmu tentang menulis sesuai dengan ilmu yang sudah didapat dari pendidikan yang diadakan oleh Media Perdjoeangan Nasional maupun dari pengalaman-pengalaman selama mendokumentasikan setiap kegiatan organisasi.

Bisa dibilang sambil menyelam minum air. Selain kita berbagi ilmu juga bisa manfaat lain yakni kesenangan dari traveling, sehingga kegiatan ini diberi nama Rakertrip Media Perjoeangan Jatim.

Rencananya rombongan Rakertrip Media Perjoeangan akan mengunjungi tempat indah dan bersejarah di Blitar. Tidak hanya satu tempat, namun ada lima lokasi yang akan di datangi. Diantaranya Gunung Kelud, Candi Penataran, makam Bung Karno, Kebon Rojo, Pantai Tambak Rejo dan Gondo Mayit. Rombongan ini akan berangkat pada tanggal 14/1/2017 pukul 21.00 WIB dari Sidoarjo.

Berbagai persiapan telah dilakukan dan berharap agar nantinya diberikan kelancaran dan keselamatan juga cuaca yang mendukung. Kami akan melaporkan hasil perjalanan ini melalui media kesayangan buruh Indonesia, KPonline. (*)

Pos terkait