Sosial-Ekonomi Salah Satu Ruh Koperasi

  • Whatsapp

Bogor, KPonline – Pada saat Grand Opening Koper Mart Bogor yang dilaksanakan di Kantor Konsulat Cabang FSPMI Bogor pada Jumat 28 September 2018, beberapa orang memberikan pandangan terkait koperasi sebagai sendi perekonomian kaum buruh. Diskusi singkat ini pun, diharapkan mampu membuka pikiran kaum buruh dan masyarakat luas akan betapa pentingnya koperasi.

Dalam sambutan pembukaan Grand Opening Koper Mart, Awaludin selaku salah seorang perwakilan Pengurus Cabang SPAMK-FSPMI Bogor mengatakan, bahwa ruh yang sebenarnya dari sebuah koperasi adalah sosial-ekonomi. Hal ini akan membuat daya tarik dari sebuah koperasi akan semakin kuat.

Bacaan Lainnya

“Kedepannya, koperasi akan menjadi bagian dari sosial-ekonomi kaum buruh dan masyarakat luas. Bisa dibayangkan jika ribuan buruh dan masyarakat umum yang menjadi anggota koperasi digerakkan untuk menggalang dana solidaritas,” kataAwaludin yang juga merupakan salah seorang calon anggota legislatif DPRD Provinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan Jawa Barat 5.

Dana solidaritas yang dimaksud adalah, jika ada salah seorang anggota koperasi yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), meninggal dunia atau tertimpa musibah. Koperasi bisa jadikan wadah untuk menggerakkan dana solidaritas yang dimaksud.

Konsep koperasi yang dikerjakan bersama-sama, maka tidak ada salahnya jika koperasi juga bisa membantu sesama anggota melalui dana solidaritas.

Dalam kesempatan yang sama, Mujimin yang merupakan Wakil Ketua DPC FSPKEP-KSPI Bogor mengungkapkan dan juga dukungannya.

“Koperasi bisa menjadi salah satu bentuk perjuangan kaum buruh. Tidak selamanya kita bisa terus menerus menuntut management perusahaan. Dan tidak selamanya juga kita akan terus bekerja. Jadi koperasi ini bisa menjadi langkah awal dari pergerakan kaum buruh dalam bidang ekonomi,” ujar Mujimin yang juga merupakan salah seorang motor Aliansi Buruh Wanaherang Bergerak.

Sebagai bentuk nyata dan konkret dari solidaritas antar buruh, yang akan diusung oleh Koperasi Pekerja (Koper), PUK SPAMK-FSPMI PT. Astra Komponen Indonesia menyerahkan bantuan dana solidaritas kepada kawan-kawan buruh PT. Catur Putra Jaya.

Kawan-kawan buruh PT. Catur Putra Jaya mengalami kecelakaan didaerah Cikidang, Sukabumi pada saat akan melaksanakan kegiatan Family Gathering beberapa minggu yang lalu.

Bantuan dana solidaritas dari PUK SPAMK-FSPMI PT. Astra Komponen Indonesia tersebut, diberikan kepada buruh-buruh PT. Catur Putra Jaya melalui Konsulat Cabang FSPMI Bogor.

Pos terkait