Pengaruh Keselamatan, Kesehatan dan Kesejahteraan Pekerja Terhadap Peningkatan Produktivitas

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Semakin ketatnya persaingan di dunia industri, menuntut perusahaan untuk mampu bertahan dan bersaing dalam peningkatan prduktivitasnya.

Untuk meningkatkan produktivitas ada banyak factor yang harus di perhatikan oleh pengusaha, salah satunya yaitu factor SDM diantaranya keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan pekerja. Ketiga elemen dari factor ini yang tentunya harus lebih di perhatikan oleh pengusaha.

Bacaan Lainnya

Keselamatan adalah bagian dari peningkatan produktivitas. Karena keselamatan kerja merupakan sarana untuk mencegah kecelakaan kerja, cacat karena bahaya kerja, dan kematian sebagai akibat dari kecelakaan kerja. Oleh karena itu, kondisi lingkungan kerja yang nyaman dan jauh dari sumber bahaya akan membuat pekerja lebih nyaman dan aman sehingga pekerja akan lebih produktif .

Kesehatan kerja tidak terlepas dari keselamatan kerja, keduanya saling mengikat. Bagaimana pengusaha bisa memelihara kesehatan pekerjanya agar apa yang menjadi tujuan pengusaha terkait peningkatan produktivitas bisa terwujud dengan tidak mengesampingkan kesehatan pekerjanya, kesehatan ini menyangkut kesehatan fisik maupun mental.

Kesehatan pekerja yang buruk akan berdampak pada produktivitas yang rendah, namun sebaliknya kesehatan pekerja yang baik dengan kondisi kerja yang sehat, pekerja akan mampu bekerja lebih produktif.

Terakhir factor SDM yang paling menentukan untuk meningkatkan produktivitas kerja yaitu kesejahteraan pekerja, pengusaha harus bisa memotivasi pekerja dengan memberikan kesejahteraan sehingga dapat memenuhi penghidupan yang layak seperti upah yang layak, tunjangan-tunjangan, bonus, sarana rekreasi dan lain sebagainya yang diberikan kepada pekerja sesuai ketentuan baik perundang-undangan maupun bentuk kesepakatan bersama terkait kesejahteraan pekerja yang harus diberikan oleh pihak pengusaha.

Dari sedikit uraian diatas dan pengusaha bisa menjalankannya maka, bukan suatu hal mustahil perusahaan akan tumbuh menjadi unggul dan peningkatan produktivitas akan terwujud, Sehingga terjalin hubungan industrial yang harmonis antara pengusaha dan pekerjanya.

Penulis: Nana Sutisna, PUK SPAI FSPMI PT. INDOCORR PACKAGING CIKARANG

Pos terkait