Pentingnya Pemahaman Akan Peraturan Di Dunia Ketenagakerjaan

Pentingnya Pemahaman Akan Peraturan Di Dunia Ketenagakerjaan

Posted by

Dalam dunia industri , karyawan adalah salah satu aset penting untuk perusahaan, membuat bisnis terus beroperasi dengan lancar, tak hanya itu karyawan juga memiliki peranan penting dalam perkembangan bisnis perusahaan seperti meningkatkan daya saing perusahaan, memberikan Inovasi perusahaan dan menjaga Citra Perusahaan.

Secara umum Peraturan dibuat untuk mengatur dan membuat tertib termasuk di dunia kerja tetapi disisi lain ada karyawan yang tidak mampu menjaga Citra Perusahaan, misalnya terkait kedisiplinan dalam hal datang bekerja tepat waktu , ternyata masih ada yang melanggar dengan berbagai macam alasan. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang nya disiplin dari karyawan itu sendiri. Sementara dari Faktor Perusahaan adalah aturan yang kadang kala melanggar atau tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenaga Kerjaan misalnya ada hak yang tidak diberikan ataupun beban kerja yang berlebihan sehingga membuat karyawan merasa terbebani dan tidak nyaman yang berakibat menurunnya kedisiplinan.

Faktor Internal karyawan itu harus dibenahi karena karyawan adalah aset dari perusahaan, sebagai karyawan harus bisa menjalankan kewajibannya untuk mematuhi peraturan Perusahaan, sementara untuk faktor Perusahaan peraturan perusahaan yang kadang kala melanggar Peraturan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja sistem kerja ini adalah tugas dan kewajiban HRD dan serikat pekerja ( jika ada SP/SB diperusahaan tersebut) harus bisa menjelaskan peraturan yang sebenarnya kepada pimpinan perusahaan sehingga bisa mematuhi peraturan ketenagakerjaan yang berlaku di indonesia.

Sementara itu Karyawan seharusnya tetap disiplin dalam bekerja contoh paling sederhana datang tepat waktu, karena biasanya di awal masuk bekerja peraturan perusahaan sudah di beritahukan dan seharusnya karyawan mematuhi. Karyawan harus lebih memahami peraturan perusahaan di tempat kerja, karena setelah beberapa waktu bekerja biasanya ada karyawan yang mengabaikan peraturan yang ada di perusahaan.

Ketika semua mematuhi aturan yang berlaku maka akan tercipta iklim kerja yang baik dan nyaman dan akan meningkatkan performa pekerja dan perusahaan. dan ketika performa perusahaan meningkat dengan semakin displinnya karyawan, maka karyawanpun bisa berharap mereka juga semakin sejahtera.

Pransiska Ulina Damanik
008201605006

President University

Facebook Comments

Comments are closed.