KP Online

Suara Kaum Buruh

Opini

Pekerja di Sektor Transportasi, Berserikatlah…

Jakarta, KPonline – Akhirnya para pekerja PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI) resmi bergabung dengan FSPMI. PT TPI sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang transportasi umum, menggunakan mobil pribadi seperti Cayla, Sigra, Avanza, Xenia, Ertiga dan Livina. Sedangkan aplikasi online yang digunakan adalah aplikasi dari PT. Grab Indonesia.

Di FSPMI terdapat satu serikat pekerja anggota yang mengorganisir pekerja di sektor dirgantara dan transportasi. Namanya, Serikat Pekerja Dirgantara dan Transportasi (SPDT).

Mereka yang sudah bergabung di sektor ini, antara lain pekerja Trans Jakarta, hingga driver Grab dan Gojek. FSPMI juga menjadi salah satu elemen yang menginisiasi terbentuknya Komite Aksi Transportasi Online (KATO), yang pernah melakukan uji materi terhadap UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Termasuk, tentu saja, menggerakkan aksi-aksi jalanan.

Sebelumnya, para pekerja PT. Steady Safe juga sudah bergabung dengan FSPMI. Ini adalah perusahaan konsorsium dari PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta atau Busway). Mereka adalah para sopir bus. Menyusul para pekerja Trans Jakarta yang sudah lebih dulu bergabung.

Makin banyaknya pekerja di sektor transportasi bergabung dengan serikat pekerja, menandakan makin tumbuhnya kesadaran terhadap posisi mereka sebagai klas pekerja. Saya kira akan berdampak positif. Setidaknya dari sinilah tuntutan untuk melakukan perbaikan akan dilakukan.

Serikat pekerja adalah kunci. Terlebih lagi, sebuah kota tidak pernah bisa lepas dari tranportasi. Maka tumbuhnya berbagai moda transportasi publik, juga harus diiringi dengan keberadaan serikat pekerja yang bekerja dengan serius di sektor ini.

Kita memang sedang fokus ke sana. Berjuang untuk memastikan pekerja di sektor transportasi tidak tereksploitasi.

Saya melihat, SPDT FSPMI juga terus berbenah. Kerja mereka makin sistematis, bahkan mampu mengemas isu dengan brilian. Apalagi ketika belakangan mereka juga bekerja sama dengan International Transportation Federation (ITF). Sebuah federasi serikat pekerja di bidang transportasi tingkat dunia.

Bersatulah pekerja transportasi. #AyoBerserikat