FSPMI Dan Jamkeswatch Purwakarta Sambangi Pasien Penderita Hydrocephalus di Jatiluhur

Purwakarta, KPonline.- Marhan Maulana, bocah (8) tahun salah satu penderita Hidrosefalus terbaring tidak berdaya di tempat tidur dan Marhan masih menunggu untuk mendapatkan fasilitas tindakan medis dari pihak Rumah Sakit. Menanggapi hal tersebut, Minggu 24 Februari 2019. Tim Jamkeswatch yang terdiri dari Evin Fahrezy, Hendarmaulana, Supriadi ‘piyonk’, Prihantoro Pamungkas, datang berkunjung untuk melihat keadaan Marhan yang saat ini berada di kediaman lestari. Lestari dalam kesehariannya merupakan pekerja sosial masyarakat (PSM).

Hidrosefalus adalah penumpukan cairan pada rongga otak atau disebut dengan ventrikel, yang mengakibatkan ventrikel di dalamnya membesar dan menekan organ tersebut. Cairan ini akan terus bertambah sehingga ventrikel di dalam otak membesar dan menekan struktur serta jaringan otak disekitarnya. Jika tidak segera ditangani, tekanan ini dapat merusak jaringan dan melemahkan fungsi otak.

Bacaan Lainnya

Bertempat tinggal di Kp Sukahurip RT008/RW005,Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Marhan adalah anak kedua dari Maya yang ikut program kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam bentuk Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan melalui sistem Penerima Bantuan Iuran (PBI), dan saat ini Marhan sangat membutuhkan bantuan serta uluran tangan dari pihak-pihak yang terkait untuk kesembuhan atas penyakit yang sedang dideritanya.

“Semoga anak saya bisa segera dan secepatnya mendapatkan pelayanan medis, sehingga kesembuhan atas penyakit yang diderita anak saya dapat terealisasi” Ucap Maya.

Kurangnya fasilitas Medis dalam pelayanan kesehatan merupakan hal yang selalu hadir ditengah masyarakat kelas bawah, terlebih yang ikut dalam program kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional. Dan untuk menanggapi hal tersebut, seharusnya pemerintah bisa menindaklanjuti dengan cara menambah sarana pelayanan medis. Sehingga selanjutnya tidak ada lagi masyarakat kelas bawah yang tidak terlayani dalam hal untuk mendapatkan segala bentuk prasarana fasilitas Medis, baik itu di Klinik, Puskesmas, dan Rumah Sakit. Kerena bangsa yang besar adalah Rakyat yang sehat jasmani dan rohaninya.

Pos terkait