Diiringi Do’a dan Disaksikan Ratusan Buruh Jawa Timur, Longmarch Surabaya – Jakarta Dimulai

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Ratusan buruh Jawa Timur melepas peserta longmarch Surabaya – Jakarta di depan Kantor Gubernur Jawa Timur, Surabaya. Kantor gubernur sendiri berhadapan dengan Tugu Pahlawan.

Hadir dalam pelepasan ini para pimpinan FSPMI Jawa Timur. Termasuk Garda Metal Nasional, yang akan mengawal langsung pelaksanaan longmarch.

Seperti diberitakan sebelumnya, longmarch ini akan berakhir di Jakarta, pada tanggal 10 Agustus 2018. Di Jakarta, peserta longmarch akan disambut 20 ribu buruh. Setelah itu mereka akan bersama-sama mendampingi Prabowo Subianto mendaftar sebagai Capres di KPU.

Tugu Pahlawan dipilih sebagai tempat pelepasan, karena ini adalah simbol kesungguhan para pahlawan dalam membela kemerdekaan bangsa Indonesia. Semangat para pahlawan itulah yang diharapkan bisa menginspirasi buruh Indonesia.

“Kami ingin mengisi kemerdekaan dengan memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan. Melanjutkan perjuangan para pahlawan,” kata salah satu buruh yang hadir dalam pelepasan longmarch, Wawan.

Dengan slogan dari pabrik ke publik, kaum buruh yang dimotori Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berjuang untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Salah satunya adalah dengan membangun komitment dengan calon presiden yang memiliki komitmen terhadap perjuangan buruh.

“Capres tersebut adalah Prabowo Subianto, yang telah menandatangani kontrak politik dengan buruh dan berkomitmen untuk menjalankan sepuluh tuntutan buruh dan rakyat (SEPULTURA),” ujar Presiden KSPI Said Iqbal.

Karena itu, dalam longmarch ini, buruh juga menyerukan #2019GantiPresiden secara konstitusional melalui pemilu.