PUK FSPMI PT. ISEKI Indonesia Selenggarakan Ziarah Wali Lima

  • Whatsapp

Pasuruan, KPonline – Sejarah mencatat, penyebaran agama Islam di Indonesia khususnya pulau Jawa tidak lepas dari peran Walisongo atau sembilan waliyullah. Dari jumlah tersebut, 5 (lima) di antaranya berada di Jawa Timur.

Dalam rangka mengaktualisasikan program kerja yang sudah disusun dalam rapat kerja unit kerja (Rakernik) tahun lalu, PUK SPAMK PT. ISEKI Indonesia menyelenggarakan agenda wisata religi ziarah wali lima, Sabtu, (29/06/2019).

Berita Lainnya

Kegiatan tersebut diikuti tidak hanya dari anggota serikat saja, melainkan peserta dari bukan anggota juga ada yang ikut berpartisipasi.

Meski harus mengeluarkan uang lebih besar, tentunya kegitan tersebut menambah citra positif untuk FSPMI yang biasanya identik dengan demo bagi kalangan buruh lainnya.

Berkumpul di perusahaan pukul 07.00 WIB, rombongan yang terdiri 2 Bus ini akhirnya berangkat menuju tempat ziarah pertama yaitu makam Sunan Ampel (Raden Ahmad Rahmatullah) di Surabaya. Kemudian dilanjutkan ke makam Sunan Giri (Raden Paku atau Ainul Yaqin) serta Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) yang keduanya berada di Gresik, setelah itu perjalanan berlanjut menuju tujuan ke-4 yaitu makam Sunan Drajat (Raden Qosim) di Lamongan.

Sebelum ke tempat tujuan yang ke-5, rombongan terlebih dahulu singgah ke makam ayahnya Sunan Ampel yaitu Raden Maulana Ibrahim Asmoro Qondhi yang berada di Kabupaten Tuban.

Terakhir, mereka ziarah ke makam Sunan Bonang (Raden Maulana Makdum Ibrahim) yang berada di Kota Tuban.

Di semua tempat ziarah yang dikunjungi, semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut tidak lupa membacakan surat yasin dan tahlil dengan dipimpin langsung oleh Ustad Syafiudin yang juga salah satu pengurus PUK.

Tepat pukul 02.22 wib, pada hari Minggu (30/06/2019) pagi, rombongan tiba di perusahaan dengan selamat. (Dede Faisal RA)

Pos terkait