KP Online

Suara Kaum Buruh

AksiBeritaRapat Kerja

Dorong Pekerja Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003; FSPMI Purwakarta Terus Bangun Kekuatan

Purwakarta, KPonline – Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) tidak tinggal diam dalam meyingkapi rencana pemerintah atas revisi Undang-undang Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003. Oleh karena itu, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia meminta kepada seluruh anggotanya kembali bergerak dan berjuang untuk menolak agenda pemerintah tersebut.

 

Berbagai sikap serta tindakan penolakan atas wacana pemerintah mulai dilakukan buruh, mulai dari sosialisasi hingga aksi turun ke jalan berunjuk rasa dan salah satunya adalah buruh Karawang yang tergabung dalam Koalisi Buruh Pangkal Perjuangan (KBPP). Kemarin, Selasa (13/8) para buruh tersebut melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor pemerintahan daerah Kabupaten Karawang.

Senada dengan hal yang sama, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) terus membangun kekuatan pergerakan. Selasa (13/8). Fuad, Ade dan seluruh Jajaran Pengurus FSPMI Purwakarta secara masif sambangi setiap PUK FSPMI yang berada di wilayah Purwakarta dan sampailah di PUK SPL-FSPMI PT. Jatim Bromo Steel untuk sosialisasi.

“Berbicara PUK SPL-FSPMI PT. Jatim Bromo Steel, mereka merupakan salah satu pelaku sejarah pergerakan dalam perjuangan buruh FSPMI Purwakarta. Mulai dari diangkatnya status pekerja PT. Jatim Bromo Steel yang pada awalnya PKWT menjadi PKWTT kemudian pekerja yang tidak memiliki BPJS Kesehatan dan Jaminan hari tua dan kini bisa dirasakan pekerja, hingga masalah sistem pengupahan dimana pada awalnya hanya mendapatkan upah sebesar Rp26.000 per hari, kini pekerja JBS mendapatkan upah sesuai ketentuan UMK.” ucap Ade Supyani (Ketua PC SPAMK-FSPMI Purwakarta)

 

Enjang Wasdi (Ketua PC SPL-FSPMI Purwakarta), Heru, Dadi (PUK SPL-FSPMI PT. Lion), Wandi (Sekjen Garda Metal FSPMI Purwakarta) juga ikut hadir dalam kesempatan tersebut.

 

“PUK SPL-FSPMI PT. JBS bersama buruh FSPMI Purwakarta siap berjuang untuk menolak revisi Undang-undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003. Insa Allah, mereka akan berjuang secara maksimal.” tambah Ade

Setelah melakukan agenda sosialisasi tersebut, Jajaran Pengurus FSPMI Purwakarta melakukan Rapat Koordinasi di KC FSPMI Purwakarta sebagai tindaklanjut rencana FSPMI Purwakarta untuk melakukan aksi tolak revisi Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 di Kabupaten Purwakarta.