Cikal Bakal FSPMI “Catatan Kecilku”

 

 

Bekasi, KPonline – Kamis, 8 Agustus 2019. Mata ini enggan terpejam, entah kenapa kegelisahan menyelimuti hatiku sehingga aku tidak bisa tidur tak sengaja kubuka rak buku dan kuangkat sebuah buku goresan tintaku beberapa waktu yang lalu yaitu tentang “Cikal Bakal FSPMI;

 

Aku coba mengenang, mengingat satu persatu wajah-wajah penggagas dan pendiri organisasi FSPMI ini diantaranya; Endang Thamrin, Tamrin Mosii, Makmur Komarudin, Taufik Hidayat, Said Iqbal, Vonny Diananto, Obon Tabroni dan yang lainnya.

 

Aku bergumam dalam hati, Ya Allah sebagian para pendiri organisasi ini telah tiada. Mereka mendahului kami, semoga mereka bahagia di alam sana melihat organisasi yang mereka dirikan sudah sebesar ini. Amin.

 

Dan tak lupa bagi beliau yang masih hidup, aktif dan yang tidak aktif lagi di organisasi ini, salam hormat dan do’a kami agar senantiasa para pendiri organisasi ini diberi kesehatan, Kebahagian dan istiqomah dalam menjalankan tugas yang mulia ini. Amin.

 

Kita sadar bahwa adanya besar, lebih dulu kecil. Namun bagiku para pendiri organisasi ini besar dari awal karena dengan segenap cita-cita luhur membangun pergerakan serikat buruh yang representatif, mandiri dan independent, berani berbeda menjawab tantang yang ada dalam pergerakan buruh.

 

Logam memiliki tokoh yang menjadi panutan dan tauladan bagi kita yaitu Alm. R.H.Endang Thamrin. Bagi yang mengenalnya, semasa beliau hidup memimpin logam, tentu rindu akan sosok beliau yang berwibawa, bisa ngemong serta mengayomi logam dan FSPMI pada umumnya. Kesederhanaan yang penuh kewibawaan beliau tak tergantikan sepanjang masa. Tak sanggup rasanya aku mengungkapkan pesan beliau karena badan ini bergetar dan merinding saat mengingat pesan beliau; “Logam adalah rohnya FSPMI. Maka kalian harus jaga organisasi ini dengan cara apapun, agar tetap utuh.”

 

Said Iqbal (Presiden FSPMI) masih saya ingat betul beliau dalam sambutan Rakernas 2 (dua), tahun 2018 yang lalu menyampaikan; “Mungkin Kalau tidak ada R.H. Endang Thamrin yang merupakan kader Logam, belum tentu FSPMI sebesar ini. Karena saya selalu meminta pendapat dan bimbingan beliau dalam menjalankan organisasi ini.” pungkas Iqbal,

 

Semoga beliau bahagia di alamnya melihat logam kompak, kuat, hebat. Amin. (Yanto)

Facebook Comments