Siasat Menghadapi Pasar Kerja Fleksibel, Kaum Buruh Harus Berserikat

Jakarta, KPonline – Setelah melalui beberapa kali konsolidasi, pada hari Minggu tanggal 12 November 2017 dilakukan deklarasi dan pelantikan keluarga baru FSPMI. Mereka adalah para pekerja dari PT. G4S Security Servis Solusion (SSS), di Jakarta.

Acara deklarasi dan pelantikan PUK SPAI FSPMI PT G4S SSS yang dihadiri puluhan pekerja yang siap bergabung dengan serikat pekerja.

Sesuai dengan fungsinya, pembentukan serikat pekerja ini dilakukan untuk membela, memperjuangkan, dan melindungi kepentingan serta hak para pakerja.

Terlebih lagi, ada perubahan status hubungan kerja para pekerja  dari status hubungan kerja sebelumnya dengan PT. G4S Security Servis (SS) berubah atau di pindah sepihak status hubungan kerja dengan PT. G4S SSS dengan menghilangkan masa kerja di perusahaan sebelumnya .

Pola yang di lakukan manajemen adalah dengan menyodorkan surat perjanjian kerja yang pointnya adalah pekerja akan di angkat karyawan tetap jika mentandatangani surat perjanjian kerja yang baru  yang isi pasal nya sangat merugikan pekerja antara lain  tidak menuntut masa kerja di perusahaan sebelumnya.

Hal tersebut bertentangan dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Karena kebutuhan dan ketakutan kehilangan pekerjaan  terpaksa para pekerja mentandatangani perjanjian kerja tersebut walaupun dengan resiko hilangnya masa kerja yang rata rata 4 sampai  9 tahun demi harapan di angkat karyawan tetap.

Untuk  menghadapi strategi  perusahaan inilah para pekerja memiliki kesadaran untuk bergabung dengan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

FSPMI dipilih, karena serikat pekerja ini dianggap paling militan dan bertanggungjawab terhadap perjuangan hak dan kepentingan anggota.

Dalam sambutannya, ketua serikat pekerja terpilih mengatakan, “Hanya dengan persatuan dan perjuangan yang di pimpin oleh organisasi lah kita kaum pekerja bisa membela dan mempertahankan hak-hak yang sudah di atur dalam perundang undangan.”

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang SPAI FSPMI DKI Jakarta, Kardinal, menekankan bahwa maju mundurnya organisasi tergantung kekompakan antara pimpinan dan anggota. Serta yang paling penting adalah belajar dan berjuang dengan ikhlas demi kesejahteraan anggota .

Acara deklarasi di bacaka oleh Amrizal dari Pimpinan Cabang SPAI FSPMI DKI Jakarta yang diikuti dengan hikmat oleh para peserta dan di tutup dengan do’a.

Penulis Surya

Facebook Comments