Karyawan Apple Bergabung Serikat Pekerja, Satu Afiliasi Dengan FSPMI

Karyawan Apple Bergabung Serikat Pekerja, Satu Afiliasi Dengan FSPMI
Salah satu gerai Apple ( https://www.apple.com/sg)

Internasional,KPOnline- Karyawan Apple Inc di Maryland pada Sabtu (18/6) waktu setempat memilih bergabung dengan serikat pekerja. Dengan demikian, mereka menjadi karyawan ritel pertama dari perusahaan teknologi raksasa yang berserikat di Amerika Serikat.

Sebelumnya sekitar 100 karyawan di salah satu toko Apple di Maryland, AS, telah memberikan suara yang sangat besar untuk bergabung dengan serikat pekerja. Mereka bergabung dengan International Association of Machinists and Aerospace Workers (IAM), afiliasi IndustriALL Global Union dimana FSPMI ( Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia ) juga menjadi anggotanya.

Bacaan Lainnya

Pemungutan suara dilakukan setelah sekelompok karyawan yang disebut AppleCORE (Koalisi Karyawan Ritel Terorganisir) berkampanye untuk serikat pekerja. Dengan bantuan IAM, karyawan Apple telah membentuk serikat pekerja, Koalisi Karyawan Ritel Terorganisir (CORE).

“Untuk lebih jelasnya, keputusan untuk membentuk serikat pekerja adalah tentang kami sebagai pekerja yang mendapatkan akses ke hak-hak yang saat ini tidak kami miliki,” tulis perwakilan AppleCORE dalam sebuah surat kepada CEO Apple Tim Cook.

Karyawan Apple Bergabung Serikat Pekerja ( https://www.industriall-union.org/)

Para pekerja ingin Apple mengikuti persyaratan netralitas dari Kode Etik Pemasok di bawah bagian “Kebebasan Berserikat dan Perundingan Bersama”, sehingga mereka dapat menikmati hak mereka atas informasi dan perundingan bersama.

“Saya memuji keberanian yang ditunjukkan oleh anggota Core di toko Apple di Towson untuk mencapai kemenangan bersejarah ini. Mereka membuat pengorbanan besar untuk ribuan karyawan Apple di seluruh negeri yang memiliki semua mata pada pemilihan ini. Kemenangan ini menunjukkan meningkatnya permintaan akan serikat pekerja di toko Apple dan berbagai industri di seluruh negara kita.” ujar President Serikat Pekerja International Association of Machinists and Aerospace Workers (IAM)

Ucapan selamat juga datang dari Christine Olivier, asisten sekretaris jenderal IndustriALL “Kami mengucapkan selamat sepenuh hati atas kemenangan penting ini. Ini adalah langkah penting dalam mencapai kondisi kerja yang layak dan menghormati pekerja yang menciptakan kekayaan perusahaan teknologi besar ini. Kami berharap pekerja toko Apple lainnya di AS akan mengikuti jalan ini.”

Sementara AppleCORE (Koalisi Karyawan Ritel Terorganisir) juga mendeklarasikan “Kami melakukannya Towson! Kami memenangkan suara serikat kami! Terima kasih kepada semua yang bekerja sangat keras dan semua yang mendukung! Sekarang kami merayakannya… Besok kami terus berorganisasi,” tweet AppleCORE.