Tiga Pimpinan Cabang SPAMK Jateng-Jatim Ikuti Rakornas SPAMK di Semarang

  • Whatsapp

Semarang, KPonline – Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Automotif Mesin Dan Komponen (PP SPAMK) lakukan rapat koordinasi nasional bidang pendidikan kesejahteraan dan keuangan di Semarang, Sabtu (2/2/2019).

Ada tiga pimpinan cabang SPAMK yang diundang pada rakornas tersebut yakni dari PC SPAMK Mojokerto, PC SPAMK Pasuruan dan PC SPAMK Kota/Kab Semarang. Bertempat di Hotel Candi Indah Jl. Dokter Wahidin No.112, Jatingaleh, Candisari Kota Semarang agenda tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum PP SPAMK, Heriyanto Achmad.

Heriyanto yang akrab dipanggil Heri ini menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini telah berlangsung sejak lama, sejak masa SPAMK dipimpin oleh Almarhum Rustan.

Heri juga menambahkan, biasanya di dalam rakernas lahir rekomendasi dan keputusan, yang kemudian menjadi konsentrasi di bidang bidang struktural.

“Adanya rapat koordinasi ini selain untuk menterjemahkan seluruh hasil keputusan dalam rakernas, sangat penting selain rakernas juga ada rakor, biar ada sinkronisasi antara PP dan PC. Biar kawan-kawan bisa mengikuti target nasional SPAMK,” ungkapnya.

Heri juga menyinggung terkait isu penurunan kuantitas anggota dan PUK, seperti yang disinggungnya saat konsolidasi organiser SPAMK di Cirebon lalu.


“Banyak anggota terjadi penurunan baik dari kuantiti maupun PUK seperti di daerah Tangerang, Bogor dan beberapa daerah lainnya, hal ini karena adanya disparitas upah di Jawa Barat bagian timur, investasi beralih ke titik yg lebih rendah untuk mengkonsolidasikan keuntungan.” jelasnya.

Dalam isu ini, Heri mendorong agar anggotanya yang berada di daerah siap memimpin. Ia mencontohkan bahwa saat ini yang berada pada struktur pimpinan, adalah kader yang terbentuk dari kantong kantong industri seperti Bekasi. Dari tren perpindahan industri ke daerah dengan upah rendah, potensi ketertindasannya akan semakin tinggi. Hal ini akan semakin buruk jika anggota tidak segera mengembangkan diri dan melakukan penguatan-penguatan.

Tak lupa, Heri juga mengapresi pencapaian masing-masing PC di tiap daerah. Penerimaan Cos dari target 70 persen sanggup tercapai 90 persen. Tren ini juga di imbangi, termasuk juga dalam potensi kader.

“SDM kita luar biasa, banyak kontribusinya bagi organisasi. Kunci paling penting ada pada anggota yang banyak dan solid, pentingnya pendidikan.” tuturnya menutup sambutan dalam agenda tersebut.

Selanjutnya seluruh delegasi peserta yang mana adalah para pengurus Bidang di PC, yakni Bidang Pendidikan Kesejahteraan, Bidang Keuangan dan Bidang PKB di pisah sesuai dengan bidang masing-masing.

Hal tersebut dilakukan untuk melakukan monitoring evaluasi per-bidang PC masing-masing daerah dan juga sharing.
Bidang Pendidikan di pimpin langsung diskusinya oleh Bidang Pendidikan PP SPAMK, Bambang Suwarsono dan Bidang Keuangan di pimpin oleh Hari Yunitasari.

(Afg/Bambang)