Suami Di PHK, Istri Zombi Gelar Unjuk Rasa

  • Whatsapp

Jakarta,KPonline- Ratusan wanita istri Awak Mobil Tangki (AMT) Pertamina Hari ini(16/11/17) mendatangi istana negara mendesak Presiden Joko Widodo menuntaskan persoalan PHK suami mereka Para istri ini menganggap PHK massal secara illegal itu mengakibatkan persoalan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan pada anak-anak dan keluarga. Sebab, sudah 6 bulan keluarga tidak memiliki kepastian nafkah.

Widia, kordinator lapangan aksi, menyebutkan para istri terpaksa turun berunjukrasa karena ingin membantu perjuangan suami mereka

Bacaan Lainnya

“Kami berjuang untuk menuntut keadilan bagi AMT yang ter-PHK agar dapat bekerja kembali sebagai karyawan tetap,” ungkapnya.

Widia menjelaskan persoalan PHK ini bahkan mengakibatkan keluarga mengurangi asupan gizi bagi anak-anak.

“Susu yang setiap hari untuk balita sekarang tidak lagi. Tadinya kami bisa membelikan makan bergizi seperti ikan, sekarang seadanya,” ujar ibu dari dua anak tersebut.

Selain itu, PHK berdampak pada ancaman putus sekolah. Anaknya dan banyak anak dari buruh Pertamina Patra Niaga terpaksa menunggak biaya sekolah.

“Jujur, biaya sekolah itu paling berat,” keluhnya.

Widia bersama ibu-ibu lainnya berharap Presiden Joko Widodo bisa menuntaskan persoalan PHK illegal di perusahaan pelat merah tersebut.

“Kami masih tertindas ekonomi. Anda adalah bapak negara mka anda harus segera turun tangan menyelesaikan permasalahan AMT,” ungkap Widia.

Seperti di ketahui pemberitahuan tentang PHK dilakukan terhadat AMT hanya melalui kabar SMS.Pertamina Patra Niaga dan PT.Elnusa Petrofin melakukan PHK. Langkah PHK muncul setelah terbit nota pemeriksaan suku dinas tenaga kerja yang menyebutkan perusahaan itu wajib mengangkat buruh outsourcing menjadi karyawan tetap.(et)

Pos terkait