Sosok Hamonang Pasaribu di Mata Pangkornas Garda Metal FSPMI

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Keluarga Besar FSPMI kembali berduka. Ketua PC SPAI FSPMI Cilacap sekaligus Pengurus DPW FSPMI Jawa Tengah, Hamonang Pasaribu tutup usia pada Senin (3/12/2018). Di usianya yang ke 47 tahun bang Monang (sapaan akrab Hamonang Pasaribu) juga merupakan anggota Garda Metal FSPMI yang baru saja mengikuti Latsar sekitar 3 bulan lalu di Lembang, Bandung.

Rekan-rekan sesama aktivis almarhum sangat terkejut mendengar meninggalnya bang Monang. Ucapan belangsungkawa pun membanjiri sosial media. 

Bacaan Lainnya

Panglima Koordinator Nasional (Pangkornas) Garda Metal FSPMI Baris Silitonga mengaku sangat kehilangan. Saat dihubungi melalui pesan singkat, Baris sedikit menceritakan tentang sosok Hamonang Pasaribu. 

“Hamonang adalah sosok inspirasi buat saya dalam sebuah gerakan buruh. Almarhum mengajarkan kepada saya tentang nilai-nilai perjuangan. Almarhum sangat berani berjuang mendirikan Serikat Pekerja di tempat kerjanya di Cilacap, walaupun beresiko terhadap status pekerjaan. Tapi almarhum tetap gigih terus berjuang walaupun almarhum terkena PHK. Saya sangat bangga bisa berkawan dengan almarhum, karena secara tidak langsung almarhum mengajarkan kepada kita semua tentang nilai perjuangan, “ungkap Baris melaui pesan singkat.

Baris mengaku, terakhir kali berdiskusi panjang dengan Hamonang Pasaribu saat Long March dari Surabaya ke Jakarta pada bulan Agustus lalu. Menurutnya, almarhum ingin sekali menjadi anggota Garda Metal. Akhirnya almarhum mengikuti Latsar Garda Metal di Lembang, Bandung. 

“Setelah almarhum jadi Anggota Garda Metal, beliau bilang saya bangga menjadi anggota Garda Metal. Intinya Almarhum Bung Monang salah seorang yang menjadi inspirasi perjuangan buruh buat saya, “kenang Baris Silitonga.

Alamat tempat tinggal almarhum Hamonang Pasaribu di Jl Duku,  GG I No 4, RT 6 RW 8,Tegal Reja, Cilacap Selatan. Rencananya Almarhum akan dimakamkan Seelasa (4/12/2018) di TPU setempat. (Ed)

Pos terkait