Sepotong Kisah Dibalik Pertemuan Serikat Pekerja di Perusahaan Astra (AWP) dan Aisin

  • Whatsapp

Bogor, KPonline – Sejak pagi aktifitas di dalam ruang sekretariat PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik terlihat seperti biasa. Pengurus yang sedang piket berbenah.  Membersihkan ruangan. Bidang-bidang dalam unit kerja yang berada di bawah naungan SPAMK FSPMI ini terlihat sibuk dengan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Tak ketinggalan, ketua PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik Angga Sumirat juga terlihat sibuk dengan agendanya.

Beberapa saat kemudian, Sekretaris PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik Andi Junaedi memberi tahu jika akan ada kunjungan kerja dari PUK SPAMK FSPMI PT. AISIN.

Bacaan Lainnya

Semula, kunjungan ini direncanakan pada hari Jum’at tanggal 21 Juli 2017. Tetapi karena satu dan lain hal, terutama PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik yang sedang mempersiapkan acara Rapat Akbar, akhirnya agenda ini baru bisa terlaksana pada hari Senin, 24 Juli 2017.

Dalam pertemuan ini ada banyak hal yang dibicarakan. Salah satunya adalah tentang tunjangan pensiun untuk anggota, yang berhasil diperjuangkan PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik.

Andi Junaedi menyampaikan, serikat pekerja harus memperjuangkan kesejahteraan anggota, baik pada saat bekerja maupun pada saat sudah memasuki usia pensiun.

Karena itulah, PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik mempersiapkan satu team yang bertugas mengawal pelaksanaan kesejahteraan tersebut. Banyak sekali tunjangan yang seharusnya didapatkan anggota ketika masa pensiun tiba.Tidak terpaku oleh satu aturan. Oleh karena itu dibutuhkan team khusus, yang fokus untuk hal itu.

Selain tunjangan pensiun, juga dibicarakan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) di masing-masing perusahaan, hingga dinamika yang selama ini terjadi, baik di PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik ataupun PUK SPAMK FSPMI PT. AISIN.

Pertemuan antara PUK SPAMK FSPMI PT AWP dan PUK SPAMK FSPMI PT AISIN berlangsung santai dan penuh persahabatan.

Salah satu perwakilan PUK SPAMK FSPMI PT. AISIN, Tomi, menyampaikan pendapat. Apabila dulu dalam memperjuangkan kesejahteraan terlihat sangat keras dan saat ini terlihat tenang-tenang saja, bukan berarti serikat pekerja berhenti berjuang. Selama waktu berjalan, banyak sekali yang sudah berubah. Baik dari aturan-aturan pemerintah yang tidak selalu berpihak pada kaum buruh, sampai pada aturan main dalam melakukan aktifitas organisasi.

Oleh karena itu, menurut Tomi, strategi pun harus selalu dipikirkan agar tidak terjebak dalam satu masalah saja.

Diskusi ini sempat istirahat untuk makan siang, dengan menu seadanya yang sudah di persiapkan. Selesai makan siang, diskusi kembali dilanjutkan. Santai. Mengalir penuh keakraban.

Perwakilan kedua serikat pekerja dari unit kerja yang berbeda ini menikmati suasana diskusi. Kepala Bidang Pendidikan PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik menyebut, diskusi ini adalah ajang berbagi ilmu dan pengalaman. Saling belajar satu sama lain.

Dalam diskusi ini, Ketua Bidang Sosial dan Kesejahteraan PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik menyampaikan, harus ada terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Khususnya yang tergabung dalam serikat yang berdiri di semua perusahaan grup Astra Otoparts. Sebagai contoh, Dana Pensiun Astra, seharusnya didiskusikan oleh pihak DPA dan semua serikat yang berkibar di dalam perusahaan yang tergabung di AOP. Hal ini penting dilakukan, agar tidak ada perbedaan antara perusahaan satu dan yang lain dalam hal perhitungan DPA.

Di penghujung pertemuan ini, Panji mengucapkan terima kasih kepada PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik yang sudah berkenan menerima kunjungannya PUK SPAMK FSPMI AISIN. Dia juga mendo’akan agar perjuangan yang saat ini dijalankan, dapat segera selesai dan mendapatkan hasil yang diharapkan.

“Terima kasih juga atas ilmu yang sudah dibagikan secara cuma-cuma,” ujarnya.

Tak mau ketinggalan, Andi Junaedi menyampaikan, bahwa suatu hari nanti PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik juga akan berkunjung ke PUK SPAMK FSPMI PT AISIN.

“Dulu, di PUK AISIN ini menjadi salah satu tempat belajar dan menjadi rujukan PUK SPAMK FSPMI PT. Astra Otoparts divisi Adiwira Plastik, sehingga PUK AWP masih bisa bertahan,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar