Puluhan Ribu  Buruh Jerman Mogok Kerja Tuntut Kenaikan Gaji

Puluhan Ribu Buruh Jerman Mogok Kerja Tuntut Kenaikan Gaji

Posted by

Jerman,KPonline – Puluhan ribu buruh industri di Jerman mogok kerja Selasa (16/1). Mereka menyuarakan tuntutan serikat buruh IG Metall akan kenaikan gaji 6 persen dan hak pengurangan jam kerja mingguan yang di ikuti oleh sekitar 33 ribu buruh

Dilansir dari pemberitaan reuters, demo diinisiasi Serikat Pekerja Jerman yang tergabung dalam IG Metall. Mereka meminta adanya kenaikan pendapatan hingga 6 persen dari gaji mereka saat ini. Tuntutan tersebut disuarakan untuk kepentingan lebih dari 3,9 juta pekerja teknik dan logam di Jerman.

Mereka melakukan demo dengan tidak hadir di lokasi pabrik pada sebagian shift kerja. Setidaknya, ada lebih dari 150 ribu pekerja yang turut serta dalam aksi ini. Dan jika permintaan mereka tidak didengar, Serikat Pekerja mengancam mogok kerja selama 24 jam.

Respons atas permintaan Serikat Pekerja, perusahaan di Jerman hanya memberi penawaran berupa kenaikan upah sebesar 2 persen.

Jerman saat ini dilaporkan tengah mengalami pertumbuhan perekonomian yang baik, bahkan yang terbaik dalam enam tahun terakhir. Hal itu juga berdampak pada tingkat pengangguran yang rendah di sana. Namun kenaikan upah yang terjadi, justru dianggap tidak mensejahterakan para pekerja. Dengan menggelar aksi demo, diharapkan pendapatan para pekerja meningkat.

Kedua kubu akhirnya sepakat menunjuk pihak ketiga untuk meneliti terkait jam kerja para pekerja. Sementara aksi diperkirakan masih terus berlangsung sepanjang pekan ini, hingga kesepatakan antara kedua kubu dapat terjalin.
Sebelumnya, hal ini juga pernah terjadi di 2013. Kala itu, Serikat Pekerja yang juga tergabung dalam IG Metall meminta kenaikan upah hingga 5,5 persen. Akibat hal itu, para pekerja di sektor otomotif seperti di pabrik BMW terkena dampak dan dianggap menganggu jadwal produksi mereka. Dalam aksi kali ini, meski tidak menyebut secara langsung berapa jumlah produksi yang terganggu. Namun dengan keikutsertaan para pekerja di BMW dan Audi sudah tentu membuat produksi sedikit melambat.

IG Metall merupakan serikat buruh terbesar di Eropa. Setidaknya tercatat lebih dari 2 juta anggota buruh terdaftar jadi anggota IG Metall. Sehingga, aksi demo yang dilakukan IG Metall dianggap dapat menanggu kelangsungan industri di Jerman.(ete

Facebook Comments

Comments are closed.