PUK SPAMK FSPMI PT. GS Battery Semarang, Inisiasi Pendidikan Public Speaking di Tingkatan Pimpinan Cabang

  • Whatsapp

Semarang, KPonline – Bagi seseorang, berbicara dengan lawan bicara yang biasa kita kenal adalah hal yang mudah dilakukan, akan tetapi hal tersebut akan menjadi susah apabila dilakukan di muka umum. Ada saja kendala yang harus dihadapi, entah itu dari segi mental, penguasaan materi yang ingin disampaikan maupun audiens yang akan dihadapinya. Untuk itulah perlu adanya pembelajaran dari seseorang untuk dapat berbicara di depan umum, terlebih lagi bagi seorang aktivis organisasi.

Untuk itulah Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Automotif Mesin dan Komponen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PC SPAMK FSPMI) Kab/Kota Semarang mengadakan Pendidikan Public Speaking yang di inisiasi oleh PUK SPAMK FSPMI PT. GS Battery Semarang pada hari Sabtu (8/8/2020) yang bertempat di Kantor PC SPAMK FSPMI Kab/Kota Semarang. Sebagai pengisi materi adalah Pratomo Hadinata yang bertindak sebagai Wakil Ketua Bidang Pendidikan PC SPAMK FSPMI Kab/Kota Semarang.

Bacaan Lainnya

Selain dihadiri oleh PUK SPAMK FSPMI PT. GS Battery Semarang sebagai inisiator, Pendidikan public speaking ini juga di hadiri oleh sejumlah perwakilan dari PUK lain yang ada di Kota Semarang baik dari sektor AMK maupun dari sektor AI. Antara lain PUK SPAMK FSPMI CV. Darat, PUK SPAI FSPMI PT. Ciubros Farma, PUK SPAI FSPMI PT. Palisser dan PUK SPAI FSPMI PT. SKB. Dalam sambutannya M. Abidin selaku Ketua PC SPAMK FSPMI Kab/Kota Semarang menerangkan bahwa dirinya juga sengaja mengundang perwakilan dari sektor lain mengingat pentingnya kegiatan tersebut.

“Sengaja tidak hanya dari sektor AMK saja yang kami undang melainkan dari sektor lain juga kami undang. Mengingat pentingnya acara ini demi kemajuan FSPMI di Jawa Tengah pada umumnya dan di Kota Semarang pada khususnya,” terangnya.

“Selain itu, dengan adanya pendidikan ini harapannya adalah agar kawan-kawan semua dapat menambah wawasannya sehingga apa yang ingin disampaikan dari tingkatan PUK akan tersalurkan sampai tingkat anggota,” lanjutnya kemudian.

Dan sebagai PUK baru yang ada di kota Semarang, PUK SPAMK FSPMI PT. GS Battery Semarang patut mendapatkan apresiasi, karena dengan keterbatasan SDM yang mereka miliki, mereka mau untuk belajar demi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Seperti di ungkapkan oleh Agung Panji Sutrisna selaku Ketua PUK SPAMK FSPMI PT. GS Battery Semarang dalam sesi wawancara.

“Dari awal kita adalah PUK baru yang cenderung tingkat SDM-nya belum matang, apalagi kita masih muda-muda dan butuh pendidikan yang lebih. Salah satu materi yang kami diambil adalah Public Speaking,” ucapnya.
“Tujuannya adalah agar teman-teman agar lebih mudah dalam mengekspresikan pendapatnya untuk mencari anggota maupun mengkonsolidasi anggota baru sehingga tingkat pengetahuan teman-teman akan meningkat,” lanjut Panji sapaan akrabnya.

Dari rangkaian materi yang disampaikan oleh Pratomo, direspon dengan baik oleh peserta yang juga aktif dalam bertanya seputar materi yang mungkin mereka belum jelas, sehingga acara tersebut menjadi menarik untuk diikuti meskipun dalam kesederhanaan tempat. Apalagi tidak hanya teori yang disampaikan akan tetapi para peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktek secara langsung untuk dapat berbicara di muka umum, dalam hal ini peserta lain sebagai audiensnya. (sup)

Pos terkait