Potret Kebersamaan Aksi Solidaritas FSPMI Menuntut UMSK 2020 di Purwakarta

  • Whatsapp

Purwakarta, KPonline – Sehubungan dengan adanya perkembangan yang kurang baik terkait upah minimum sektoral kabupaten/ kota (UMSK) di Kabupaten Purwakarta karena ada 3 (tiga) dari 21 (dua puluh satu) perusahaan diduga tidak mengindahkan hasil keputusan Dewan Pengupahan Kabupaten (Depekab), memicu kemarahan buruh FSPMI di kabupaten tersebut untuk kembali melakukan aksi unjuk rasa menuntut UMSK

Sebelumnya, Depekab memutuskan 21 (dua puluh satu) perusahaan masuk sektor unggulan/ UMSK. Namun, 3 (tiga) dari 21 (dua puluh satu) perusahaan yaitu; PT. Okamoto Logistics Nusantara, PT. Lion Metal Works dan PT. Japfa Comfeed Indonesia belum juga mau melakukan perundingan dengan serikat pekerja atau serikat buruh dalam menentukan besaran nilai UMSK 2020.

Bacaan Lainnya

Berikut potret kebersamaan dalam menuntut UMSK melalui aksi unjuk rasa di ketiga perusahaan tersebut:

1. Sebelum melakukan aksi unjuk rasa FSPMI di Kab. Purwakarta dalam menuntut UMSK ke PT. Lion Metal Works dan PT. Japfa Comfeed Indonesia, PUK SPAMK-FSPMI PT. SIWS berfoto bersama. Selasa, (16/6/2020).


2. Garda Metal berada di depan pintu gerbang PT. Lion Metal Works saat berlangsungnya aksi unjuk rasa yang dilakukan FSPMI Purwakarta dalam menuntut UMSK pada Selasa, (16/6/2020).


3. Para Srikandi wanita atau barisan buruh perempuan dari beberapa PUK SPA FSPMI di Kab. Purwakarta yang ikut hadir di aksi unjuk rasa menuntut UMSK di PT. Lion Metal Works. Selasa, (16/6/2020).


4. Selepas pulang kerja sif malam, tidak menyurutkan semangat mereka untuk turut serta menjadi bagian dari peserta massa aksi FSPMI dalam menuntut UMSK di PT. Okamoto Logistics Nusantara. Rabu, (10/6/2020).


5. Walaupun tidak masuk UMSK dalam hal pengupahan, PUK SPAI-FSPMI PT. Sepatu Bata tetap hadir mengikuti aksi menuntut UMSK di PT. Japfa Comfeed Indonesia. Rabu, (10/6/2020).


6. Meskipun usianya tidak lagi muda, semangatnya terus bergelora dalam memperjuangkan nasib buruh di Purwakarta untuk hidup layak dan sejahtera bersama FSPMI patut menjadi acuan bagi para pemimpin. Rabu, (10/6/2020) di depan PT. Okamoto Logistics Nusantara dari atas mobil komando, Fuad BM menyampaikan orasinya.


7. Massa aksi buruh FSPMI Purwakarta menuntut UMSK di PT. Okamoto Logistics Nusantara. Rabu, (10/6/2020).

Setelah melakukan rally aksi unjuk rasa menuntut UMSK 2020, dua dari tiga perusahaan tersebut yaitu PT. Okamoto Logistics Nusantara dan PT. Lion Metal Works akhirnya bersedia melakukan perundingan dengan serikat pekerja atau serikat buruh (SP/SB) terkait UMSK.

Tinggal satu perusahaan lagi yang belum melakukan perundingan terkait UMSK, yaitu PT. Japfa Comfeed Indonesia. Dan rencananya menurut informasi yang diperoleh Media Perdjoeangan, ketua PUK SPAI-FSPMI PT. Japfa Comfeed Indonesia (Ricky) akan melayangkan surat kepada manajemen untuk segera melakukan perundingan dengan serikat pekerja (PUK SPAI-FSPMI PT. Japfa Comfeed Indonesia) terkait UMSK pada hari ini. Senin (22/6/2020).

Pos terkait