Kepala DisnakerTrans Provinsi Jatim Akan Tindaklanjuti Keluhan FSPMI Tuban

  • Whatsapp
Aksi Unjuk Rasa FSPMI di Disnaker Tuban beberapa waktu lalu sebelum Pandemi

Tuban, KPonline – Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Konsulat Cabang Tuban merasa kecewa dengan kinerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tuban.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, reaksi itu bermula dari adanya kesalahan penulisan nama dalam penerbitan bukti pencatatan Serikat pekerja, yang dikeluarkan oleh Disnaker Tuban. Namun saat dikonfirmasi kepada Kepala Bidang Kelembagaan (Kabid Kelembagaan) Disnaker Tuban belum juga ada tanggapan.

Bacaan Lainnya

Untuk itu Sekretaris Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Aneka Industri (PC SPAI) FSPMI Tuban, Ibnul Qoiyim meminta agar pihak terkait mengklarifikasi terjadinya kesalahan dalam penyebutan nama pada surat tersebut. Padahal menurutnya, berkas sebagai syarat permohonan sudah sangat lengkap, termasuk keterangan domisili dari Desa.

“Keberatan kami, kesalahan tersebut sudah berulang kali, harapannya pihak Disnaker Tuban menjelaskan sebab terjadinya kesalahan dalam pembuatan surat, apakah karena human error atau ada unsur kesengajaan”, Pintanya.

Menyangkut cara komunikasi Disnaker dalam menanggapi keluhan, Qoyim mendorong agar para Aparatur Sipil Negara, khususnya yang menjalankan pekerjaan dari rumah memahami tanggungjawabnya melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Mental Birokrat yang demikian sangat disayangkan. Dari kejadian kemarin bisa disimpulkan, ternyata masih ada yang salah kaprah memahami konsep WFH sebagai salah satu bagian dari Fleksibel Working Arragment. Mereka tidak sadar bahwa di rumah pun mereka harus tetap melakukan pelayanan secara optimal”, Ujarnya.

Terbaru, Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diluncurkan Presiden Jokowi secara virtual pada Selasa lalu (27/07/2021). Presiden Jokowi mengingatkan kembali bahwa ASN harus memiliki orientasi melayani masyarakat, bukan sebaliknya justru minta dilayani oleh masyarakat.

Saat dikonfirmasi oleh Tim Media Perdjoeangan, Kamis (29/07), Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo menanggapi keluhan dari FSPMI Tuban.

“Saya belum tahu, tapi terkait keluhan dari teman-teman Serikat Pekerja, nanti akan kita tindak lanjuti,” Ucapnya.

Kontributor Tuban
Samsul Ma’arif

Pos terkait