Penyelundupan Minyak Terbesar dalam Sejarah Ditangkap, Siapa Pelakunya ?

Penyelundupan Minyak Terbesar dalam Sejarah Ditangkap, Siapa Pemilik Tankernya?

Pada Selasa 3 Juni 2014 lalu, Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau beserta Kepolisian menangkap usaha penyelundupan minyak terbesar dalam sejarah. Siapa kapal yang menyelundupkan minyak ini?

Dalam siaran pers Ditjen Bea dan Cukai, Kamis (5/6/2014), kapal yang ditangkap bernama MT Jelita Bangsa dengan bendera Indonesia. Kapal ini menyelundupkan minyak mentah yang berasal dari sumur milik Chevron Pacific Indonesia di Dumai.

Harusnya, kapal tanker tersebut mengirimkan minyak mentah ke kilang Pertamina di Balongan, Jawa Barat. Minyak ini telah menjadi milik Pertamina. Namun, ternyata kapal tersebut malah mengirimkan minyaknya ke sebuah kapal bernama MT Ocean Maju. Kegiatan ini ilegal.

Penyelundupan Minyak Terbesar dalam Sejarah Ditangkap, Siapa Pemilik Tankernya?Menurut Bea Cukai, MT Jelita Bangsa merupakan kapal dengan panjang 232 meter yang disewa oleh PT Pertamina (Persero). Kapal ini dimiliki oleh PT Trade Maritim Tbk (TRAM). Kapal ini membawa 59.507,66 metrik ton minyak mentah. Pada saat ditangkap, minyak yang ditransfer ke MT Ocean Maju telah mencapai 800 metrik ton.

Sementara untuk MT Ocean Maju ini menurut Bea Cukai tidak terdaftar.

Potensi kerugian dari minyak yang diselundupkan MT Jelita Bangsa mencapai Rp 450 miliar. Dan ini berimplikasi pada berkurangnya pasokan bahan baku BBM dalam negeri.

Ada 2 orang tersangka yang diamankan, yaitu nakhoda dan mualim MT Jelita Bangsa, serta nakhoda dan bungker clark MT Ocean Maju. Penyelidikan ini masih berjalan.

Sebelunya, Kapusdik Reskrim Polri Kombes Pol Alex Sampe mengatakan, selain minyak mentah, ada juga BBM yang diselundupkan oleh kapal MT Jelita Bangsa ini.

Facebook Comments