Tantangan Baru, Efektivitas Guru Dalam Sistem Mengajar Murid TK di Saat Pandemi Covid-19

Tantangan Baru, Efektivitas Guru Dalam Sistem Mengajar Murid TK di Saat Pandemi Covid-19

Sidoarjo,KPonline – Tahun 2020 dimasa pandemi Covid-19 ini Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ( Umsida ) sedang menyelenggarakan program kegiatan untuk mahasiswanya, program kegiatan tersebut ialah program kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) yang betema Tangguh Kebencanaan 2020.

Program tersebut di mulai tepatnya tanggal 05 Agustus 2020. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KKN Tangguh Kebencaanaan 2020 ini dilaksanakan secara mandiri di tempat tinggal masing – masing dengan mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut terjadi lantaran program KKN ini diadakan di tengah kondisi pandemi Covid – 19.

Bacaan Lainnya

Masa pandemi ini sangat berdampak bagi banyak masyarakat baik dalam segi kesehatan, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya, karena hal itu Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ( Umsida ) berupaya membuat program KKN yang lebih efektif dan dapat membantu masyarakat di lingkungan sekitar peserta KKN.

Sesuai dengan Penerbitan Surat Edaran oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Salah satu peserta KKN Tangguh Kebencanaan 2020 Noviana Dewi kelompok 20 yang bertempat tinggal di Desa Kebaron, Tulangan, Sidoarjo melakukan pendampingan dan pelatihan terhadap salah satu guru di sekitar tempat tinggalnya yakni Miss Mei Handayani yang mengajar di salah satu TK Swasta di daerah Sidoarjo.

Mengajar murid TK merupakan salah satu tantangan untuk guru muda seperti Miss Mei Handayai. Sifat tekun, sabar, terampil dan cara ajar yang penuh kasih sayang harus dimiliki. Kini mengajar tak lagi tatap muka, covid- 19 merubah media pembelajaran para guru TK.

Noviana Dewi sebagai peserta KKN Tangguh Kebencanaan hadir untuk membantu Miss Mei Handayani dalam membuatkan materi yang cocok untuk murid-murid TK dan metode pembelajaran berupa aplikasi Zoom, Google Meet, dan Group Whatsapp kelas yang secara langsung bisa di pantau oleh para wali murid.

Karakter murid TK sangat sulit ditebak, mereka mudah marah, bosan dan menangis. Untuk mengurangi kebosanan mereka dalam sistem belajar online, Noviana membuatkan materi pembelajaran berupa PPT dan gambar – gambar yang didalamnya berisikan edukasi dengan tema animasi kartun yang mereka sukai.

Di saat sesi pembelajaran, diselipkan pula potongan film kartun yang bersifat edukasi untuk membuat mereka tetap fokus memperhatikan dan belajar bersama. Bermain tebak gambar dan tebak karakter didalam gambar.

“ Di masa pandemi ini saya sangat berterimakasih sekali terhadap program kerja KKN Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , dengan adanya program tersebut saya dijadikan target oleh Noviana dan sangat terbantu oleh kedatangannya dalam membuatkan materi pembelajaran yang segar dan tidak membosankan.” – ujar Miss Mei Handayani.

Miss Mei Handayani mengakui pada awalnya beliau kesulitan dalam membuatkan materi pembelajaran online yang efektif, atraktif dan interaktif untuk murid-murid TK di masa pandemi ini.

( Noviana Dewi – Akuntansi – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo )