Tanpa PKB, Kesejahteraan Hanya Menjadi Sebuah Fatamorgana

  • Whatsapp

Purwakarta, KPonline – Perjanjian kerja bersama (PKB) merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan hubungan industrial yang baik dan harmonis. Selain itu, perjanjian kerja bersama kedudukannya lebih tinggi dibandingkan dengan peraturan perusahaan (PP).

Perjanjian kerja bersama dibuat atas dasar perundingan dan selanjutnya disepakati bersama oleh pengusaha dengan serikat pekerja atau serikat buruh (SP/SB).

Bacaan Lainnya

Kemudian, dalam keberadaannya, dipastikan PKB juga perlu terbentuk atau tercipta kualitasnya. Demi mewujudkan kelangsungan usaha serta kesejahteraan pekerja dengan baik.

Maka dari itu, Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Aneka Industri Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PC SPAI-FSPMI) Kabupaten Purwakarta mengadakan pendidikan dasar PKB selama dua (2) hari. (Jum’at, 28/5/2021 – Sabtu, 29/5/2021).

Agenda yang berlangsung di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) yang berada di Kantor Konsulat Cabang FSPMI Kabupaten Purwakarta tersebut diikuti oleh dua (2) Pimpinan Unit Kerja (PUK), yaitu; Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Aneka Industri Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK SPAI-FSPMI) PT. Okamoto dan PT. IPCI.

Mendorong terbentuk atau terciptanya perjanjian kerja bersama yang berkualitas, dinilai sangat diperlukan. Dengan keberadaannya, kesejahteraan akan benar-benar bisa dirasakan oleh pekerja dan tentu akan berbeda dengan yang belum memilikinya, kesejahteraan hanya menjadi sebuah fatamorgana.

(Foto: Heru. H)

Pos terkait