Strategi Pekerja Hadapi Industri 4.0

Karawang, KPonline – Ada yang berbeda pada Ceremony atau Pembukaan Musnik VI PUK SPAMK FSPMI PT. HPPM. Dengan adanya seminar strategi pekerja hadapi industri 4.0 yang disampaikan kepada peserta Musnik dan tamu undangan yang berlangsung satu jam dari Pkl 11.30 Wib S/d Pkl 12.30 Wib. 12/10/19.

Bima Yudhistira Adhinegara dari Ekonom Indef sebagai Tutor dalam seminar tersebut dan menyampaikan pesan penting kepada peserta dan Tamu Undangan Musnik VI PUK SPAMK FSPMI PT. HPPM di Hotel Britz Karawang terkait Strategi Pekerja Menghadapi Era Industri 4.0

Strategi Pekerja terutama Serikat Pekerja yang tergabung dalam FSPMI untuk menghadapi Era Industri 4.0, Yang mana Pekerja akan di ganti dengan Robotic dan nanti nya akan menjadi Isu Nasional bagi Buruh khususnya di Dunia Otomotif.

Dalam penyampaian Bhima di seminar tersebut, mengatakan “Apa Sih perbedaan Mobil Listrik dengan Mobil Biasa???, Perbedaan nya Cuma dari Bahan Bakar nya, Kalau Mobil listrik pasti bahan bakar nya dari Listrik di Charger, sedangkan Mobil Biasa pakai Bensin, Solar, Pertalite dan pertamax, dan juga Mobil Listrik Suara nya tidak Bising berbeda dengan mobil biasa yang pakai bahan bakar Solar dan lain nya” ujar Bhima.

Bhima menambahkan di Mobil Listrik akan ada Komponen yang hilang berbeda seperti mobil biasa. Ada Potensi Negatif bagi buruh di Indonesia di era Industri 4.0 ini seperti

– Pekerja di ganti dengan Robot
– Supervisor akan merangkap jadi Operator
– Upah Buruh akan berdampak menurun ada nya Robot ini
– dan masih banyak lagi lain nya yang berpotensi Negatif bagi buruh.

Ceremony Musnik VI ini sendiri dihadiri oleh 70 Peserta Musnik dan Tamu Undangan. Yang di selenggarakan di Hotel Britz Grand Taruma Karawang Barat.

(Hsn)