SPAMK FSPMK Tangerang Selenggarakan Rakercab di Bumi Sriwijaya

  • Whatsapp

Palembang, KPonline – Setelah SPL, SPEE, dan SPAI menyelenggaran Rapat Kerja Cabang (Rakercab), kali ini giliran Serikat Pekerja Automotif dan Komponen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPAMK – FSPMI) Tangerang juga menyelenggarakan Rakercab pada Sabtu-Minggu (11-12/11/2017) bertempat di Hotel Classie, Palembang, Sumatera Selatan.

Meski peserta harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, sekitar 18 Jam di perjalanan, tetapi mereka tetap bersemangat dan kompak.

Bacaan Lainnya

Rakercab SPAMK FSPMI Tangerang dihadiri Sekjen DPP FSPMI Riden Hatam Aziz, Vice Presiden DPP FSPMI Mundiah, Ketua Umum PP SPAMK Heriyanto Ahmad didampingi oleh Tommy, Ketua Konsulat Cabang FSPMI Tangerang Akhmad Jumali, Perwakilan Pimpinan Cabang SPA FSPMI Tangerang, para Peserta Rakercab dari perwakilan PUK SPAMK Tangerang Raya.

Hal yang sangat berkesan dan menjadi kebanggan tersendiri bagi SPAMK Tangerang, acara ini dihadiri oleh Tarsidi selaku Hakim Adhoc Sumatera Selatan, Egi Zakia selaku Kabid Hubungan Industrial Disnaker Provinsi Sumatera Selatan dan Rasyid Kasie Disnaker Sumatera Selatan.

Eko Yuli Haryanto selaku Ketua Panitia Rakercab 2, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tamu undangan atas kehadirannya dan rela datang jauh-jauh dari Tangerang. Apalagi sebelumnya, sebagian peserta ikut longmarch di Jakarta berkaitan dengan aksi tanggal 10 November.

“Dengan tema Perkuat Solidaritas untuk Kesejahteraan Anggota, Rakercab kali ini diharapan para pimpinan SPAMK bisa terus membimbing PUK SPAMK FSPMI se-Tangerang Raya dalam menjalin hubungan industrial yang harmonis dengan menagement untuk mensejahterakan anggota beserta keluarganya,” kata Eko.

Ketua PC SPAMK FSPMI Tangerang memberikan kenang-kenangan kepada Sekretaris Jenderal DPP FSPMI.

Sekretaris Konsulat Cabang FSPMI Tangerang Anwar Sanusi yang juga mewakili PC SPEE FSPMITangerang mengucapkan terimakasih kepada SPAMK FSPMI atas segala sumbangsihnya dan partisipasi serta aktifnya di setiap pergerakan di Tangerang.

“Tanpa SPAMK Tangerang sepi,” ujar Anwar sambil tersenyum.

Sementara itu, Bambang Santoso selaku Sekretaris DPW FSPMI Banten dan mewakili PC SPAI Tangerang, mengharapkan SPAMK Tangerang bisa menularkan ilmunya kepada PUK agar terciptanya kaderisasi dan ditularkan juga ke sektor lain karena SPAMK adalah Pioneer terbentuknya FSPMI di Tangerang pada tahun 1999 yang sudah memiliki tingkat kemampuan kecerdasan nya dari tingkat Pimpinan Cabang sampai ke PUK.

Selanjutnya Akhmad Jumali selaku Ketua Konsulat Cabang FSPMI Tangerang Raya juga menjabat sebagai Ketua PC SPAMK dan Ketua PUK PT. Roda Prima Lancar ini memaparkan tentang pentingnya untuk terus memperkuat solidaritas dengan sektor manapun. Karena tantangan pergerakan buruh ke depannya semakin berat.

Diakhir sambutan Jumali berpesan kepada seluruh peserta untuk selalu jaga kerukunan kekompakan solidaritas untuk menunjukkan buruh yang sejahtera dan berharap SPAMK menjadi motor penggerak secara Nasional.

Dalam sambutannya, Egi Zakiah mengucapkan selamat datang di Kota Palembang. Dia juga berterima terima kasih sudah memilih Kota Palembang untuk melakukan rapat kerja cabang. Semoga Rakercab ini berjalan dengan lancar, sukses sesuai tema dan apa yang diharapkan.

Dari data Disnaker Provinsi Sumatera Selatan ada 6.985 Perusahaan terdapat di 17 kab/kota Sumatera Selatan. Saat ini anya ada 900 perusahaan yang memiliki Serikat Pekerja/Serikat Buruh. Karena jarak tempuh antara kota dan kabupaten bisa memakan waktu 5-8 jam dan paling dekat 3 jam.

“Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang ada provinsi Sumatera Selatan yaitu SPSI, SBSI dan KASBI,” tambah Egi

Selanjutnya dalam sambutannya Tarsidi pun memaparkan bahwa ancaman PHK bukan hanya isapan jempol belaka terbukti banyaknya jumlah kasus yang terdaftar di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Provinsi Sumatera Selatan dan sumsel masuk 10 besar dalam jumlah kasus/perkara di tingkat nasional.

Dalam kesempatan memberikan sambuatan, Riden Hatam Aziz menyampaikan, karena dinamika perjalanan organisasi semakin kuat, diharapkan organisasi bisa memaksimalkan diskusi. Sebab dengan diskusi, segala sesuatu dapat ditata dan dikelola dengan baik.

“Potensi-potensi yang ada dan kebersamaan yang ada mari ditingkatkan dan dicurahkan dalam rapat kerja cabang ini,” katanya.

Selanjutnya, Rakercab dibuka Heriyanto Ahmad selaku Ketua Umum PP SPAMK FSPMI.

Pembukaan ini menandai pelaksanaan Rakercab II Pimpinan Cabang SPAMK FSPMI Tangerang di bumi Sriwijaya, Palembang.

Penulis: Chuky

 

Pos terkait