Sikapi Adanya Dugaan Kriminalisasi, FSPMI DKI Persiapkan Aksi

Sikapi Adanya Dugaan Kriminalisasi, FSPMI DKI Persiapkan Aksi

Jakarta, KPonline – Pasca beberapa hari 6 orang pengurus Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Aneka Industri Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia PT. FNG yang dilaporkan oleh salah satu manajemen PT. FNG terkait dugaan tindak pidana penyekapan, pengurus Pimpinan Cabang SPAI FSPMI DKI Jakarta, beberapa orang pengurus PUK SPAI FSPMI PT. FNG, jajaran Garda Metal DKI dan beberapa pengurus DPW FSPMI DKI Jakarta lakukan konsolidasi lanjutan untuk menanggapi hal tersebut.

FSPMI DKI Jakarta akan melakukan langkah-langkah hukum untuk menyelesaikan beberapa kasus yang dialami oleh PUK SPAI FSPMI PT. FNG yang sampai saat ini belum selesai.

Rapat konsolidasi ini diselenggarakan di kantor sekretariat DPW FSPMI DKI Jakarta, hari Senin tanggal 5 November 2018.

Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan hari ini, M Hayadi selaku sekretaris PC SPAI FSPMI DKI Jakarta membuka rapat konsolidasi hari ini dan sekaligus menyampaikan beberapa hal diantaranya rencana aksi di beberapa tempat untuk penyelesaian kasus yang terjadi di PT. FNG.

“Beberapa indikasi yang kami lihat bahwa salah satu unsur manajemen lakukan pelaporan ke POLRES kemarin adalah memecah konsentrasi kawan-kawan buruh FNG untuk tidak melanjutkan dan memperjuangkan hak dalam beberapa kasus yang dialami oleh pengurus dan anggota PUK SPAI FSPMI PT. FNG,” ujar Amrizal selaku salah satu pengurus PC SPAI FSPMI DKI Jakarta.

Kardinal selaku ketua PC SPAI FSPMI DKI Jakarta menyampaikan bahwa ada dugaan pemberangusan Serikat Pekerja terhadap pengurus PUK SPAI FSPMI PT. FNG. Selain itu ada dugaan pelanggaran pidana seperti iuran BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan yang sudah dipotong oleh perusahaan namun tidak disetorkan.

“Rencananya minggu depan PUK FNG didampingi oleh Tim LBH FSPMI akan melaporkan dugaan tindak pidana tersebut ke kepolisian. Disamping itu akan diadakan kampanye terbuka dalam bentuk aksi massa ke lembaga terkait untuk menolak kriminalisasi terhadap kaum buruh dan meminta kepada aparat penegak Hukum untuk tangkap dan adili pengusaha pelanggar hukum,” pungkas Kadinal.

Sebelum konsolidasi malam hari ini ditutup, Winarso selaku ketua DPW FSPMI DKI Jakarta menyampaikan beberapa hal kepada pengurus PC SPAI dan PUK FNG yang hadir pada hari ini terkait beberapa langkah hukum kedepan untuk terus menyelesaikan kasus-kasus perselisihan Industrial yang terjadi antara PT. FNG dengan PUK SPAI FSPMI PT. FNG dengan terus memperjuangkan hak-hak pekerja. (brd)

Facebook Comments

Comments are closed.