Rakercab SPEE FSPMI Tangerang: Kami Ada Semua Bisa

  • Whatsapp

Bogor, KPonline – Bertempat di Alun-alun Gumati Resort Jln Babakan Tumas No. 16, Sukaraja Bogor, Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Elektronik Elektrik Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPEE – FSPMI) Tangerang selenggarakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) ke-2 selama 2 (dua) hari, sejak Sabtu-Minggu, tanggal 26 – 27 Agustus 2017.

Rakecab ini special, karena banyaknya tamu undangan yang hadir diantaranya Sekretaris Jenderal DPP FSPMI Riden Hatam Aziz, Ketua Umum PP SPEE FSPMI Yudi Winarno, Sekretaris Umum PP SPEE FSPMI Slamet Riyadi, Pimpinan Cabang SPEE FSPMI Bekasi Sukamto, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) FSPMI Propinsi Banten Tukimin, Ketua Konsulat Cabang FSPMI Tangerang Akhmad Jumali, Perwakilan PC SPAMK FSPMI Tangerang Omo, Perwakilan PC SPAI FSPMI Tangerang Wawaf Tahni dan Marwan, Korda Garda Metal Tangerang Raya Sujono dan Peserta Rakercab dari Perwakilan PUK SPEE FSPMI Tangerang Raya.

Ketua Panitia Rakercab, Supriyono, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh yang hadir. Dia berharap dengan rapat kerja ini bisa menjalankan instruksi organisasi ke arah yang lebih baik dan maju. Ia pun menambahkan, dengan diadakannya rapat ini kawan-kawan PUK bisa saling kenal dan memperat tali persaudaraan.

“Maksud dari Tema yang diangkat dalam rapat kerja cabang ke-2 SPEE yaitu “Kami Ada Semua Bisa” adalah suatu harapan dari kita semua, dengan kita ada, maka semua permasalahan bisa kita selesaikan,” kata Supriyono

Ketua Pimpinan Cabang SPEE FSPMI Tangerang Raya, Anwar Sanusi, berharap anggota SPEE FSPMI yang terdapat di 14 Pimpinan Unit Kerja (PUK) SPEE FSPMI se-Tangerang Raya, untuk terus membangun dan membangun mental dari tingkat PUK terlebih dahulu dalam membangun kesolidan untuk lebih baik.

Suasana Rapat Kerja Cabang SPEE FSPMI Tangerang.

“Marilah kita tunjukan kekuatan PUK SPEE FSPMI Tangerang Raya khususnya dan umumnya untuk FSPMI Tangerang Raya,,” katanya.

 

Selanjutnya, Tukimin dalam kesempatannya memaparkan sosialisasi kesimpulan hasil rapat konsolidasi nasional di lembang pada tanggal 9-11 Agustus 2017 kemarin diantaranya mental ideologi, iuran COS, 45-55%. politik, Pengkaderan dari anggota FSPMI bagi yang berminat menjadi bakal calon anggota dewan dalam pileg 2019. advokasi, dibentuk team khusus dalam merumuskan Kode Etik Advokat Kader FSPMI, Kode Etik Organisasi, Organizing, termasuk Sektor Perkebunan, Kampanye Upah (+50) dan Judicial review presidential trashold, Strategi Media, Koperasi, dan perhatian khusus penanganan kondisi industri yang semakin buruk di Batam dan disetujuinya pengunduran diri Baris Silitonga sebagai Ketua DPW FSPMI Jawa Barat dan akan digantikan oleh Sabilar Rosyad.

Sementara itu, dalam sambutannya, Riden Hatam Aziz hanya memberikan arahan dengan mengajak kepada seluruh Peserta Rakercab SPEE FSPMI untuk lebih banyak kontribusi, melahirkan generasi penerus pimpinan SPEE FSPMI di Tangerang. Riden berharap PC dan PUK SPEE FSPMI Tangerang bisa membaca dan melihat kondisi atau situasi nasional agar bisa mengatur strategi perjuangan kedepannya.

Tak ketinggalan ,Jumali dalam sambutannya mengatakan PUK SPEE merupakan pendiri dan peletak dasar hadirnya FSPMI di Tangerang seperti PUK Jembo Cable dan Sumi Indo Cable. Ini harus diluaskan dan dikembangkan kembali agar lahir generasi-generasi penerus Pimpinan SPEE FSPMI Tangerang Raya.

“Berharap para pengurus Pimpinan Cabang SPEE, lebih berkontribusi lagi dan kedepannya lebih semangat lagi,” ucap Omo selaku Perwakilan PC SPAMK Tangerang

“Karena perjuangan ke depan semakin berat, PP 78/2015 belum direvisi, kini banyak kebijakan pemerintah yang kembali tidak pro terhadap buruh, salah satunya upah padat karya”. Oleh sebab itu, Wawaf selaku perwakilan PC SPAI FSPMI Tangerang berharap ke depannya PUK SPEE Tangerang semakin kompak lagi dalam berjuang.

Hal yang menarik, dalam sambutannya Sarjono selaku Korda Garda Metal Tangerang Raya, justru mengkritik PC dan PUK SPEE FSPMI, Tangerang Raya. Jono begitu sapaan akrabnya, ia berharap dengan kritikan apa yang ia sampaikan, SPEE FSPMI Tangerang lebih dewasa, lebih semangat dalam berjuang untuk mencapai apa yang di cita-citakan selama ini bisa tercapai.

Sukamto, selaku PC SPEE FSPMI Bekasi, yang kebetulan bersamaan dengan agenda acara lainnya, Ia menyempatkan diri hadir dan memberikan motivasi kepada peserta Rakercab ke-2 SPEE FSPMI Tangerang Raya. Ia berpesan di kepengurusan PC maupun PUK, jangan bergantung dengan seorang ketua tapi bersama-sama saling membantu, saling berbagi. Agar menciptakan kader-kader generasi penerus SPEE Tangerang Raya yang akan datang.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Slamet Riyadih, sekaligus membuka acara Rapat Kerja Cabang SPEE FSPMi Tangerang Raya. Ia menegaskan pentingnya fungsi-fungsi organisasi di tiap bidang kepengurusan berjalan dengan semestinya. Menurut Slamet, pada tahun ini, organizer PC SPEE FSPMI Tangerang agak mandek.

Dari segi Internal maupun Eksternal, Internal penambahan anggota baru dari PUK yang sudah ada, sedangkan Eksternal penambahan PUK Baru. Kemudian Ia menambahkan, Sosialisasi Hasil Rakernas SPEE, agar bisa dijadikan panduan program kerja.

SPEE FSPMI Tangerang merupakan 3 besar secara nasional.Akan tetapi ada beberapa point minus untuk SPEE Tangerang yaitu jumlah PUK dan anggota, tapi nilai COS tidak sesuai, dari 14 PUK baru 4 PUK yang memiliki Perjanjian Kerja Bersama (PKB), dan tidak adanya regenerasi di PC SPEE FSPMI Tangerang.

Walaupun demikian, harus diakui SPEE FSPMI Tangerang menjadi bagian terpenting dalam perjuangan untuk kesejahteraan kaum buruh di Tangerang Raya.

Yang menarik dari Rapat-rapat kerja lainnya, setelah mengevaluasi dan mencanangkan program kerja yang akan datang. Panitia mengadakan Perlombaan Cerdas Cermat per PUK, yang berhubungan tentang Serikat Pekerja, K3, UU BPJS, UU Ketenagakerjaan, Pengetahuan Umum dan lainnya.

Semoga dengan adanya lomba yang diadakan disela-sela waktu rapat, dapat menumbuhkan kebersamaan, kekompakan dan tentunya pengetahuan bagi PUK itu sendiri.

Penulis: Chuky
Photografer:Endi Axew

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *