PUK SPAMK FSPMI PEMI WH-AW Balaraja Gelar Pendidikan Dasar Perburuhan

Tangerang, KPonline – Bidang pendidikan PUK SPAMK FSPMI PEMI WH-AW menyelenggarakan Pendidikan Dasar Organisasi.

Bertempat di Ruang Sugimoto PEMI Balaraja hari ini (11/05/2018) Acara ini dihadiri oleh anggota serikat pekerja FSPMI PEMI.di mulai pukul 09.00 wib dan di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya di lanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars FSPMI para peserta yang berjumlah lebih kurang 50 orang dalam menyanyikan lagu penuh dengan khidmat. 

Bacaan Lainnya

Acara yang di hadiri ketua dan beberapa pengurus PUK SPAMK PEMI WH-AW hadir pula Pimpinan Cabang SPAMK FSPMI Tangerang Bung Djumali.

Sambutan pertama oleh Mundiah SH. selaku ketua Bidang pendidikan PUK SPAMK FSPMI PEMI WH-AW menyampaikan “penyelenggaraan acara Pendidikan Dasar  Organisasi kali ini kami dari PUK Bidang Pendidikan mengambil tema “Dengan berorganisasi kita wujudkan pemikiran yg cerdas dan kritis bagi anggota” karena harapan saya setelah teman-teman mengikuti dan mendengarkan penjelasan dari narasumber hari ini minimal teman-teman mengetahui pentingnya berorganisasi serikat pekerja, sehingga kita mengerti yang harus di lakukan ketika menjadi anghota Serikat Pekerja, sehingga tidak diam saja ketika hak-hak kita sebagai karyawan/pekerja tidak di jalankan oleh management dan pemilik perusahaan” tutur Mundiah SH.

 Di lanjut dengan sambutan dari ketua PUK PEMI WH-AW Jarim SH. “Menuntut ilmu adalah suatu keharusan bagi siapapun khususnya anggota Serikat Pekerja, sehingga kita tahu apa yang tidak kita ketahui menjadi faham dan mengerti, maka dari itu dengan di adakan nya agenda Pendidikan Dasar Organisasi saya berharap khususnya anggota FSPMI yg baru bisa mengerti akan pentingnya berorganisasi Serikat pekerja. Melihat kondisi perusahaan sekarang ini estafet generasi kepemimpinan ini memang harus segera di teruskan, sehingga melalui Pendidikan seperti inilah akan terlahir generasi-generasi anggota serikat pekerja yang pintar sehingga berani menyuarakan keadilan dan kesejahteraan di lingkungan kerjanya”.

Djumali selaku Pimpinan Cabang SPAMK Tangerang menyampaikan dalam sambutannya, 

“Dengan di adakannya pendidikan dasar organisasi yang di selenggarakan oleh Bidang pendidikan PUK PEMI WH-AW hari ini saya sangat yakin setelah ini teman-teman peserta pendidikan akan mengerti dan faham pentingnya berorganisasi serikat pekerja, menjadi anggota serikat pekerja. Mau terlibat dalam kegiatan pergerakan serikat pekerja adalah suatu bukti bahwa kita butuh dengan Serikat Pekerja, karena organisasi Serikat Pekerja adalah alat untuk kita berunding dengan siapapun khususnya para petinggi di pemerintahan maupun di perusahaan itu sendiri” tutur Djumali. 

Berorganisasi Serikat Pekerja yang baik adalah tujuan untuk  mencapai yang kita inginkan terutama tentang memperjuangkan hak-hak kita sebagai buruh/pekerja.

Dengan bagian dari serikat pekerja kita bisa mengerti langkah-langkah apa saja ketika akan memperjuangkan anggota dalam berunding dengan management perusahaan itu sendiri. 

Prinsipnya kepengurusan FSPMI PEMI adalah kepanjangan tangan dari presiden FSPMI bung IQBAL, artinya selama adil dan taat instruksi maka organisasi kita akan semakin kuat dan berkembang, terakhir harapan saya para peserta pendidikan tetap semangat dan menjadi kader-kader penggerak di lingkungan pabriknya” tambah Djumali. 

Di akhir sambutannnya Djumali pun membuka acara Pendidikan Dasar Organisasi hari ini. 

Setelah coffee Break sekitar pukul 10.30 wib acara di lanjutkan oleh Kahar S Cahyono sebagai Narasumber yang di undang oleh Bidang pendidikan PUK PEMI WH-AW. 

Kahar S Cahyono mengawali materi pendidikan dengan memaparkan secara detail tentang apa itu Organisasi Serikat pekerja, khususnya FSPMI yang mempunyai beberapa pilar di dalamnya. 

Di jelaskan pula oleh Kahar SC terkait hak apa saja yang harus kita raih ketika menjadi pekerja sebagai contoh hak dalam menerima upah yang layak, hak mendapatkan jaminan kesehatan, dan hak dalam mensejahterakan keluarganya. 

Di situlah kenapa serikat pekerja itu harus ada di perusahaan karena hanya serikat pekerja lah yang bisa membela, melindungi, dan memperjuangkan kesejahteraan anggotanya” tutur Kahar S Cahyono. 

Semoga dengan di adakannya pendidikan dasar organisasi ini, peserta pendidikan faham akan pentingnya berorganisasi Serikat pekerja sehingga mampu merealisasikan di lingkungan kerjanya. 

Kontributor: MPTR (ovlost)  

Daftar Sekarang

Pos terkait