Pemprov Diminta Tak Hanya Nonton Demo Buruh

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Sejumlah buruh menggelar aksi di depan Gedung Disnakertrans DKI Jakarta, Rabu (19/10). Mereka menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) menjadi 3,8 juta.

Atas demo tersebut, bakal calon gubernur Ibu Kota, Anies Baswedan meminta pemerintah provinsi jangan hanya menonton dari samping.

“Kita belum bicarakan. Tapi apa yang disampaikan perwakilan buruh penting sekali. Yang dibutuhkan adalah pemerintah hadir menjembatani. Bukan sekedar menonton di samping,” katanya usai menghadiri deklarasi dukungan sejumlah masyarakat Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Permintaan buruh yang menginginkan kenaikan UMP dari Rp3,1 juta menjadi Rp3,7 juta patut dicermati dengan seksama. Oleh karena itu, Anies mengimbau persoalan tersebut tidak dibiarkan berlarut-larut.

“Jangan biarkan masalah industrial antara industrial antara buruh dan perusahaan dibiarkan berlarut-larut. Itu pesan yang kita bawa. Kita terus menerus menggaris bawahi, kalau ada masalah apapun pemerintah jangan diam,” tuturnya.

“Pemerintah proaktif memfasilitasi, menjembatani sehingga bertemu solusi yg baik utk semua. Termasuk persoalan2 tata ruang, pendidikan, kesehatan, perburuhan. Kita akan menomorsatukan dialog,” tutupnya. (sym)

Sumber: okezone