Menganalisa Trafik KPonline Dengan Alexa

  • Whatsapp

Jakarta, Kponline – Sebagaimana kita tahu, alexa adalah sebuah situs besutan Amazon.com yang melakukan penilaian terhadap seluruh situs website/ blog yang ada di dunia. Melalui alexa, kita dapat mengetahui seberapa besar rangking dari sebuah website yang kita miliki. Semakin kecil peringkatnya, menandakan semakin populer situs yang kita miliki.

Sebagai salah satu penanggungjawab situs koranperdjoeangan.com atau yang akrab disebut KPonline, tentu saya ingin mengetahui, media alternatif ini berada dalam peringkat berapa? Saya menggunakan alexa. Situs paling populer saat ini untuk mengukur peringkat sebuah website.

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui, semua data yang saya tampilkan dalam artikel ini diambil per tanggal 29 Januari 2017 antara pukul 20.00 s/d 21.00 WIB.

Membandingkan Peringkat KPonline Dengan Situs Sejenis

Jika kita cermati gambar di bawah ini, KPonline berada di peringkat 845.923 dunia. Posisi ini jauh lebih baik dari 3 (tiga) bulan yang lalu. Karena naik sebanyak 1.167.761 poin. Dengan kata lain, tiga bulan yang lalu, KPonline masih menduduki peringkat 2.013.684 dunia.

Sedangkan peringkat di Indonesia, KPonline menduduki peringkat 10.364.

Berada di peringkat 10.364 memang belum terlalu menggembirakan. Tetapi saya kira, hal ini merupakan capaian yang harus kita apresiasi. Tentu saja, kami bisa mencapai ini berkat anda semua, para pembaca.

Untuk mengetahui dimana posisi KPonline saat ini, saya membandingkan KPonline dengan situs sejenis. Sebut saja buruhtoday.com, solidaritas.net, buruh-online.com, dan kabarburuh.com. Perbandingan ini tidak ada maksud lain, selain hanya agar kita mengetahui dimana posisi KPonline saat ini.

Berdasarkan peringkat alexa di atas, diketahui buruhtoday.com berada di peringkat 51.332 Indonesia, solidaritas.net berada di peringkat 59.058 Indonesia, buruh-online.com berada di peringkat 112.463 Indonesia , dan kabarburuh.com berada di peringkat 102.869 Indonesia.

Selain membandingkan dengan situs yang khusus mengusung isu buruh, saya mencoba membandingkan KPonline dengan media umum, seperti redaksikota.com, menaranews.com, sabekasi.com, dan radarindonesianews.com. Hasilnya adalah seperti di bawah ini.

Terlihat, redaksikota.com berada di peringkat 23.752, menaranews.com peringkat 27.478, sabekasi.com peringkat 30.888, dan radarindonesianews.com berada di peringkat 84.046 Indonesia.

Tanpa bermaksud mengecilkan keberadaan media-media tersebut di atas, sekali lagi, posisi KPonline yang saat ini bertengger di posisi 10.364 cukup memuaskan. Tentu saja, kami akan bekerja keras agar peringkat KPonline menjadi lebih ramping.

Audience Geography

Bagian ini menjelaskan seberapa banyak kunjungan (visitor) dari suatu negara. Terlihat, KPonline, sebanyak 88,2% berasal dari Indonesia. Di Indonesia, KPonline berada di peringkat 10.364. Jika KPonline juga menerbitkan artikel dalam versi bahasa Inggris, bisa jadi kunjungan dari negara lain juga akan meningkat.

Bounce Rate, PageView per Visitor, Daily Time On Site

KPonline memiliki bounce rate sebesar 79,10%. Bounce Rate mengukur, seberapa lama pengunjung bertahan di situs KPonline. Semakin besar, maka semakin buruk. Ada beberapa faktor yang membuat bounce rate menjadi besar, yakni: pengunjung membuka halaman lain dengan mengganti URL, pengunjung langsung menutup browser, pengunjung menekan tombol back pada browser, dan pengunjung mengklik salah satu link yang mengarah keluar. Bounce rate KPonline yang besarnya 79,10%. Ini memang harus dibenahi oleh tim redaksi, meskipun sudah semakin baik dari sebelumnya.

Selanjutnya Daily PageView pervisitor. Ini adalah rata-rata halaman yang dikunjungi oleh satu orang pengunjung per harinya. KPonline memiliki nilai 1,50. Kurang lebih artinya, jika ada 10.000 pengunjung perhari, maka ada 15.000 halaman yang diakses setiap harinya oleh visitor yang datang ke KPonline.

Daily Time On site, semakin tinggi semakin bagus, karena itu adalah satuan waktu berapa lama kebanyakan visitor melihat isi website Anda. Entah itu membaca, melihat gambar, dan lain-lain. Ini adalah untuk mengukur, seberapa lama pengunjung bertahan di KPonline. Terlihat, prosentase pengunjung yang bertahan di KPonline semakin meningkat.

Search Traffic

Dari data ini kita bisa mengetahui, 40.40% pengunjung KPonline datang dari Search Engine. Dengan kata lain, pengunjung datang karena melakukan pencarian. Orang-orang yang berdatangan ke KPonline berasal dari keyword-keyword di samping kanan. Mulai dari daftar ump hingga makar.

Saya rasa, itu beberapa hal penting yang bisa kita ketahui dari alexa terkait popularitas KPonline. Data ini semakin meneguhkan kepercayaan kita, dengan poisisinya yang terus membaik, KPonline adalah situs yang bisa menjadi alternatif bagi kaum buruh untuk menyampaikan aspirasinya kepada masyarakat luas.

Pos terkait