KP Online

Suara Kaum Buruh

Serba Serbi

Memaknai Bukber

Batam,KPonline – Buka puasa bersama tidak hanya terbatas pada nilai silaturohim maupun berbagi saja. Namun pasti banyak sekali makna yang tersembunyi terkait acara yang berlangsung pada waktu Bulan Ramadhan dimana hal ini hanya berlangsung setahun sekali saja. Apapun bentuk dan cara kita berbuka bersama yang jelas niatan ikhlas jangan sampai terlupa

Diantara makna itu adalah, cerminan pemenuhan kebutuhan bersosialisasi seorang pribadi muslim. Seorang muslim tak merasa cukup hidup secara pribadi dan keluarga. Ada kebutuhan lainnya yang harus dipernuhi: hidup bermasyarakat (berjamaah). Dalam Ramadhan, simbol hidup bermasyarakat ini ditunjukkan dalam bentuk buka puasa bersama.

Karena itu, tidak sedikit pribadi, keluarga besar dan organisasi yang membiayai sendiri acara berbuka puasa bersama-sama dengan mengumpulkan sejumlah dana yang diperlukan. Tidak mencari sponsor atau minta disponsori.

Spirit bersedekah inilah yang patut terus dilestarikan dan dikembangakan, sehingga niat menghadiri buka puasa bersama bukan mendapatkan minuman dan makanan berbuka, tapi sebaliknya: memberikan makanan berbuka kepada saudara seiman yang lain. Maka disinilah kita merasa bahagia menghadiri buka puasa bersama.

Yang pasti pahala silaturrahim di bulan suci ini tetap tersedia dan belipat ganda.