KSPI : Taxi Express Bakal PHK Besar-besaran

  • Whatsapp

Jakarta,KPonline – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia menerima laporan dari anggotanya, bahwa PT Express Transindo Utama Tbk (Taksi Express) berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ribuan pekerjanya.

Hingga Juni 2017, perusahaan itu telah melakukan PHK terhadap 250 karyawan.

Bacaan Lainnya

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, pihak perusahaan itu berencana melakukan PHK terhadap ribuan karyawannya, termasuk sopir dan pada level manajemen.

“Memang sudah masuk laporan ke kami, bahwa taksi Express akan melakukan rasionalisasi ribuan orang,” ujar Said di Kantor LBH Jakarta, Kamis (5/10/2017).

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, berdasarkan laporan dari anggota KSPI yang bekerja di PT Express Transindo Utama Tbk, pihak perusahaan telah berencana untuk merasionalisasi ribuan karyawannya. Bukan hanya yang berposisi sebagai pengemudi, Rasionalisasi karyawan ini akan dilakukan juga pada level manajemen.

“Taksi Express itu juga laporan ya ini pengusaha taksi baru ditanya Bursa Efek Indonesia, baru dijawab. Memang sudah masuk laporan ke kami, bahwa taksi Express akan melakukan rasionalisasi ribuan orang,” ujar dia di Kantor LBH Jakarta, Kamis (5/10/2017).

Namun, lanjut Said, pihaknya belum bisa melakukan apa-apa terkait dengan langkah Taksi Express merumahkan para pekerjanya. Sebab selama ini serikat pekerja di perusahaan taksi tersebut belum bergabung ke dalam keanggotaan KSPI. Meski demikian, saat ini ada karyawan dari Taksi Express yang secara pero‚Äérorangan menjadi anggota KSPI.

“Karena tidak ada kalau kita istilah PUK (pimpinan unit kerja) di tingkat perusahaan untuk serikat pekerja. Karena dia enggak ada PUK, dan hanya pribadi, memang kami belum bisa mengadopsi data-data yang cukup untuk melakukan advokasi,” kata dia. (Ete/lit6)

Pos terkait