Kacai jadi Saleuwi, ka darat jadi Salogak

  • Whatsapp

Bekasi,KPonline – Employee Gathering, kalau di PT.Hitachi Power Systems Indonesia (PT. HPSI) lebih dikenal dengan Section Leisure (SL). Kegiatan kumpul bersama antar bagian yang bertujuan meningkatkan semangat kerja dan menjalin rasa kekeluargaan, sesuai amanat PKB pasal 61.

Sedikit berbeda kegiatan SL tahun 2019 ini,karena diselenggarakan gabungan seluruh bagian yang ada di PT. HPSI.Seperti bagian Machining, Fabrikasi,Plan Product Control,Quality Control,Blasting Plating Painting Retaping (Bp2r),Assembling,Administrasi dan Engineering dengan total peserta 264 orang.

Bacaan Lainnya

Dirangkai dan dikemas dalam bentuk kegiatan seperti Pembekalan Motivasi,Tausyiah dan Fun game yang dapat sekaligus sebagai kegiatan refreshing. Tempat yang menjadi destinasi SL 2019 ini di EmTe Highland Resort Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Acara dimulai dengan sholat Jumat Berjamaah (8/3/2019), dilanjut dengan pembekalan motivasi dari Direktur dan Ketua Pimpinan Unti Kerja (PUK) PT. Hitachi Power Systems Indonesia yang kemudian di sambung dengan santunan anak yatim.

Adin Komarudin, pengurus Bidang Pendidikan, membuka acara spesial ini dengan menyampaikan susunan acara. Seyogyanya setelah santunan anak yatim, di lanjutkan dengan Tausyiah dari Ustadz Kosasih (Ugoy) dan Daus Mini, berhubung sang Ustadz masih di perjalanan, Adin menggeser Fun Game ke pukul 16.00.

Dalam sambutannya, Christiyono Soekamto, Direktur PT. Hpsi yang juga sering di sapa Haji Ahmad menyampaikan banyak hal, mulai dari filosofi Hitachi,perkembangan bisnis hingga kondisi perusahaan.

“Kita jangan takut akan kondisi perusahaan, serahkan semuanya pada Allah SWT, tetap fokus dengan pekerjaan anda, jangan mencampuri pekerjaan orang lain dan sayangilah perusahaan dimana ada bekerja”, pesan Haji Ahmad

Di kesempatan yang sama, Aep Risnandar, Ketua PUK PT. HPSI, sebelum menyampaikan pesan-pesannya,sempat memberikan hadiah topi kepada 3 pekerja HPSI karena berhasil menjawab pertanyaan yang di ajukannya.

” Atas nama organisasi saya menyampaikan pesan-pesan sekaligus strategi kita kedepan, pertama tunjukan semangat kerja kawan-kawan, bekerjalah sesuai PKB kita, kedua berkomitmen untuk selalu sholat berjamaah tepat waktu di Mesjid kita dan yang ketiga rajinlah bekerja dan aktif berorganisasi, dan terus lah dalam kebersamaan dan kekompakan sesuai tema kegiatan kita,” Kacai jadi Saleuwi ka darat jadi selebak”,tandas Aep Risnandar.

Menurut pria gondrong ini lebih lanjut setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan gathering ini dan bukannya hanya untuk bersenang – senang saja. Melainkan memeliki fungsi dan manfaat yang sangat baik dalam keberlangsung efektivitas kegiatan bekerja.

Setiap perusahaan tentunya memiliki tuntutan tinggi disetiap proses kerjanya yang melibatkan pekerja untuk bekerja extra demi mencapai suatu tujuan bersama. Tentunya tuntutan ini akan membuat pekerja mengalami tekanan atau stress tinggi. Maka dari itu perlu diadakan sebuah kegiatan refreshing agar pekerja bisa merasakan keperdulian perusahaan terhadap mereka.

Dalam sebuah perusahaan biasanya memiliki pembagian team work dengan beberapa divisi. Dan pastinya terkadang sering kali ada ketidak seimbangan diantara kerjama sama team divisi satu dengan team divisi lainnya. Untuk mengembalikan ketidak seimbangan itu, kegiatan seperti ini bisamengembalikan ke solidan antara team divisi.

Tidak hanya antar bagian saja yang mengalami ketidak harmonisan dalam bekerja, terkadang sering kali juga terjadi antar pekerja. Masalah dalam sebuah team biasanya tidak terlihat dalam bentuk konflik, melainkan bisa dilihat dari sikap antar pekerja dengan seperti membuat gap antar pekerja.

Agar hal ini tidak berlarut dan dapat menimbulkan efektifitas yang tidak baik dalam hasil kerja team, maka dibutuhkan kegiatan section Leisure yang dapat membangun kembali hubungan persaudaraan tersebut.

Untuk merealisasikan hal tersebut di atas, Mahardimas, ketua panitia menyiapkan fun game yang di bantu oleh crew dari EmTe Highland. Meski cuaca dingin di tambah hujan gerimis, tidak menyurutkan peserta untuk mengikuti acara fun game sampai selesai.

Suasana sorak gembira dan gelak tawa terus menghiasi acara ini sampai sore hari. Permainan yang di sajikan panitia mampu menghibur dan melupakan sejenak rutinitas kerja, seolah tidak ada sekat antara bawahan dan atasan. ‘Pangkat Bedo tetep Konco’ yang jadi semboyan kegiatan ini benar-benar terwujud.

Acara fun game dicukupkan sampai pukul 17.30 oleh panitia, karena Ustadz pengisi tausyiah sudah datang. Di sela-sela istirahat, acara di tutup dengan tausyiah dari Ustadz Kosasih (Ugoy).

“Sungguh beruntung menjadi seorang muslim, ketika diberi kenikmatan, dia bersyukur, ketika diberi ujian, dia bersabar, dan keduanya adalah akhlak yang baik”, seru Ustadz Kosasih

Pos terkait