IndustriALL Gelar Kampanye Nasional Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Di Bekasi

Cibitung,KPonline – IndustriALL Global Union bekerjasama dengan afiliasi IndustriALL di Indonesia menyelenggarakan Kampanye Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Bekasi(11/10/2108).

Kampanye K3 yang dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta perwakilan dari anggota serikat pekerja yang ada di Bekasi ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk memberikan informasi terkait dengan situasi terkini K3 serta memberikan kesadaran pentingnya peran serikat pekerja dalam kesehatan dan keselamatan kerja.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan esensi penting bagi serikat pekerja, namun seringkali masalah ini belum menjadi isu prioritas serikat pekerja di berbagai tingkatan, mulai dari tingkat unit kerja hingga federasi di tingkat nasional.

Beberapa masalah utama yang luput dari perhatian serikat saat ini adalah mengenai keberadaan P2K3 (Panitia Pembina Kesehatan dan Keselamatan Kerja) serta lemahnya pelaksanaan kesehatan keselamatan kerja dilapangan.

Kampanye K3 IndustriAll di Bekasi ( foto : Herfin )

Indonesia saat ini mempunyai undang-undang, peraturan pemerintah dan aturan turunan lainnya yang mengatur soal perlindungan K3 akan tetapi aturan-aturan tersebut dirasa belum cukup untuk dapat memberikan perlindungan menyeluruh.

Penyelesaian permasalahan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Indonesia dengan multi sektor industri memerlukan kerja keras yang lebih dari kita semua, utamanya bagaimana memperkuat hak-hak fundamental serikat pekerja terkait isu K3 melalui PKB serta bagaimana memperkuat posisi federasi dalam melakukan advokasi dan mekanisme pelaporan kasus-kasus K3 dari unit-unit kerja.

Selain itu Kesehatan dan keselamatan kerja adalah hak fundamental pekerja / buruh yang layak untuk diperjuangkan.