Guna Meningkatkan Kesadaran dan Keselamatan Berkendara, Perusahaan Musashi Wajibkan Training Safety Riding Bagi Pekerjanya

Bekasi, KPonline – Untuk meningkatkan kesadaran dan keselamatan berkendara, PT Musashi Auto Parts Indonesia yang berada di kawasan Ejip, Cikarang Selatan, Bekasi, mewajibkan semua pekerja/karyawan untuk mengikuti Training Safety Riding (TSR). Tidak hanya karyawan baru, TSR ini juga diwajibkan untuk diikuti oleh karyawan lama.

Hal ini juga termasuk dalam program kerja PUK SPAMK FSPMI Musashi Autoparts Indonesia Bidang K3. Dalam pelaksanaannya, training ini diadakan oleh Panitia Pembina Lingkungan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (P2LK3).

Bacaan Lainnya

Senin (4/2/2019) pagi, kegiatan TSR praktek pertama di bulan februari diikuti sekitar 26 karyawan baru. Sebelum praktek, di pekan lalu mereka sudah mendapatkan TSR secara teori.

Kegiatan TSR praktek diawali dengan pemanasan yang bertujuan untuk melemaskan otot agar tidak kaku saat berkendara. Setelah pemanasan, Tito selaku pemateri memaparkan apa saja yang termasuk dalam riding gear atau peralatan berkendara.

Selain itu Tito juga menyampaikan tentang cara cek kendaraan dan cara naik dan turun dari kendaraan, mulai dari standard samping dan standard tengah yang benar.

Ratno selaku instruktur P2LK3 mengatakan, dengan adanya TSR teori dan praktek ini diharapkan para karyawan bisa mengendarai kendaraan bermotor dengan aman dan merubah kebiasaan berkendara yang salah menjadi benar sesuai dengan safety. Ratno juga berharap, semoga setelah ini tidak ada lagi karyawan PT Musashi yang mengalami kecelakaan lalu lintas, mengingat mayoritas mereka berangkat dan pulang bekerja dengan mengendarai sepeda motor.

Dalam training praktek, mereka diajari cara mengendarai kendaraan meliputi tekhnik breaking atau pengereman, kemudian tekhnik slalom philon, dilanjut menikung angka 8 dan tekhnik terakhir narrow plank atau mengendarai diatas papan minimal 14 detik untuk melatih keseimbangan.

Riswan salah satu peserta training mengaku senang. Ia mengatakan, dengan praktek ini bisa menambah ilmu dan wawasannya tentang cara berkendara dengan baik dan benar.

(Darma Tsuraya)

Pos terkait