Exit Poll: Anies – Sandi Paling Dipercaya Rakyat Jakarta

  • Whatsapp

Tim Pemenangan pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengumumkan perhitungan suara sementara yang menggunakan metode exit poll siang ini. Perhitungan exit poll menunjukan Anies-Sandi unggul dilanjutkan dengan pasangan nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

“Angka sampai menjelang jam 1 dari exit poll yang kami lakukan adalah paslon nomor satu, mendapat angka 28,24 persen, pasangan nomor dua 32,06 persen dan pasangan nomor tiga mendapat 39,86 persen,” kata Presiden PKS Sohibul Iman di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu (15/2).

Bacaan Lainnya

Mantan wakil ketua DPR itu menegaskan, penyampaian metode exit poll ini tidak bermaksud mendahului hasil resmi yang akan disampaikan KPU DKI.

“Sekali lagi yang kami sampaikan tidak mendahului apa yang menjadi keputusan nanti. Ini sama sekali bukan pernyataan menang atau kalah tapi ini adalah penyampaian informasi awal dari exit poll yang kami lakukan,” tegas Sohibul.

Sohibul menjelaskan, hasil perhitungan ini merupakan bagian pengawalan proses perhitungan suara di Pilgub DKI Jakarta 2017, termasuk hasil yang akan diumumkan masing-masing tim sukses pasangan lain maupun lembaga survei lainnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi, Mardani Ali Sera menambahkan, exit poll ini merupakan kerja tim pemenangan yang bekerjasama dengan lembaga konsultan politik PolMark Indonesia.

Dia menjelaskan, sampel diambil dua kali dari 400 tempat pemungutan suara (TPS), dari situ diambil dua pemilih sebagai sampel sehingga didapat 800 responden.

“Data diambil dua kali, dari jam 8 pagi dan 10 pagi. Sampel diambil dari 400 TPS yang dipilih secara acak di Jakarta,” bebernya.
Perlu diketahui, batas waktu pemilihan di Pilkada DKI Jakarta sudah ditutup pada pukul 13.00 WIB yang lalu.

Sementara itu, Anies Baswedan mengingatkan kepada seluruh masyarakat dan tim bahwa perhitungan suara belum selesai, meski perhitungan exit poll maupun quick count telah keluar.

“Kerja keras masih harus diteruskan, mari kita jaga TPS dan pastikan penghitungan semuanya berjalan dengan baik dan benar hingga tuntas sampai kemudian memiliki hasil yang resmi,” tutur Anies.

Anies mengajak para relawan melanjutkan kerja keras untuk memantau perkembangan lebih lanjut.

“Tuntaskan sampai benar-benar berakhir. Kami bersyukur atas perkembangan yang ada sambil memantau perkembangan lebih jauh sebelum kami tahu bagaimana hasilnya,” ujar Anies.

Pos terkait