Buruh Amazon Bersiap Dirikan Serikat Pekerja

  • Whatsapp

New York,KPonline – Amazon telah lama di kritik karena kondisi kerja yang berlebihan yang menyebabkan cedera serius, dan gaji yang sangat rendah yang memaksa pekerja untuk bergantung pada tunjangan publik. Tetapi perusahaan telah menjelaskan bahwa mereka sangat menentang keberadaan serikat pekerja di fasilitasnya.

“Amazon mengontrol segalanya mulai dari istirahat di kamar mandi hingga komunikasi dengan karyawan lain,” kata Tom Kochan, seorang profesor tenaga kerja MIT, kepada CNBC .

Bacaan Lainnya

“Jika serikat pekerja masuk, mereka akan kehilangan sebagian dari kendali itu, dan pada akhirnya itulah yang paling mereka takuti.”Tambahnya

Pada tahun 2018, di laporkan bahwa Amazon mendistribusikan video pelatihan berdurasi 45 menit kepada para manajer di Whole Foods, di mana para pekerja telah mengumumkan niat mereka untuk berserikat. Video animasi, yang dipasang di pusat Amazon tersebut menyertakan jurus yang disarankan yang dapat digunakan manajer untuk mencegah pekerja membentuk serikat pekerja.

Pada bulan November, Serikat Pekerja Ritel, Grosir dan Toserba (RWDSU), mengajukan petisi resmi ke Dewan Hubungan Perburuhan Nasional, National Labor Relations Board (NLRB) untuk mewakili pekerja di Alabama, di mana para pemilik saham mengatakan bahwa mereka telah “bekerja sampai mati.”

Tahun berikutnya, pekerja Amazon, yang didukung oleh RWDSU, mengumumkan dorongan serikat pekerja di Staten Island, New York dan melakukan pemogokan di Shakopee, Minnesota, selama Prime Day

Pada waktu yang sama, sekelompok karyawan Amazon yang dibayar untuk men-tweet hal-hal baik tentang perusahaan, berusaha memperlambat momentum dengan pesan anti serikat pekerja.

Tahun lalu, ketika pandemi menyoroti kondisi kerja, dan konsumen di seluruh dunia beralih ke belanja online, pekerja Amazon kembali angkat bicara, dan menuntut kondisi kerja yang lebih aman dan pemogokan bertahap.

Pada musim gugur, perusahaan mengatakan bahwa hampir 20.000 pekerja Amerika, termasuk mereka di Whole Foods, dinyatakan positif terkena virus. Pada bulan November, RWDSU mengajukan petisi resmi ke NLRB untuk mewakili pekerja di Alabama, di mana para pemilik saham mengatakan bahwa mereka telah “bekerja sampai mati.”

Bisa ditebak, perusahaan memfokuskan upaya perlawanan serikat di sana. Vice melaporkan bahwa Amazon meluncurkan situs anti-serikat pekerja baru, doitwithoutdues.com

Selama bertahun-tahun, karyawan Amazon telah memperjuangkan serikat pekerja dan di PHK oleh perusahaan mereka.
Jika berhasil, dorongan tersebut akan menjadi kemenangan bagi serikat pekerja, yang akan mendapatkan pijakan di perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika

Serikat Pekerja Ritel, Grosir dan Toserba (RWDSU), serikat pekerja yang berbasis di New York akan mewakili berbagai pekerja gudang termasuk pekerja paruh waktu .

Beberapa pekerja gudang yang menyuarakan keprihatinan dan dugaan kondisi tidak aman telah dipecat .Jika gerakan ini berhasil, itu bisa memicu gelombang pengorganisasian di gudang lain di seluruh negara bagian di Amerika.

Karena masalah, NLRB menjadwalkan pemungutan suara dilakukan melalui surat. Pemungutan suara akan dimulai pada 8 Februari dan berlanjut hingga 29 Maret.

 

Pos terkait