Bersama Jamkeswatch, Komunitas SPC Berikan Bantuan Ke Rumah Singgah Bandung

Bandung, KPonline – Bersama Jamkeswatch, Komunitas Silaturahmi Perantau Cibitung (SPC) memberikan bantuan untuk Rumah Singgah Sehati yang beralamat jalan Waspada No 17 Pasteur, kota Bandung.

Komunitas yang dikomandoi oleh Asum ini sering melakukan kegiatan sosial di lingkungannya. Dengan saling menjaga kekompakan, dan inten secara komunikasi akhirnya SPC sepakat untuk memberikan bantuan untuk Rumah Singgah Sehati di Bandung yang tidak jauh dari Rumah Sskit Hasan Sadikin (RSHS).

Ketua komunitas SPC Asum membenarkan adanya bantuan yang berbentuk sembako, dan yang lainnya untuk Rumsing Sehati.

“Rumah Singgah sudah banyak memberikan pertolongan kepada pasien-pasien yang sedang melakukan pengobatan ke RS yang ada di Bandung. Kami bersama tim memang sudah mengagendakannya untuk datang ke rumah inggah ini, namun baru sekarang bisa terlaksana,” ucap Asum kepada Media Perdjoeangan, Minggu (14/08/2022).

Asum pun menilai, Rumah Singgah ini masih butuh uluruan tangan para dermawan mengingat banyaknya pasien dari luar daerah yang terus berdatangan.

“Rombongan juga diajak berkeliling melihat satu persatu pasien yang ada rumah singgah, mereka ada yang berasal dari Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Karawang, Cirebon, Bekasi, dan wilayah Jawa Barat lainnya. Dengan beragam kondisi, ada yang kanker Payudara, kanker Serviks, Kista, hingga yang mengidap penyakit Tumor ada disini,” tutupnya dengan haru.

Senada disampaikan oleh Mahmuri selaku ketua Rumah Singgah Sehati yang kebetulan salah satu relawan Jamkeswatch dari Bekasi. Dirinya menjelaskan beragam orang yang mengidap penyakit yang ditampung di rumah singgah hingga saat ini.

“Di sini setiap harinya paling tidak 16 liter beras kita masak untuk makan bareng-bareng, jadi saya sangat berterima kasih banyak kepada komunitas Silaturahmi Perantau Cibitung (SPC), berikut tim Jamkeswatch yang masih konsisten dalam bersosial. Bukan hanya dari Bekasi saja yang sengaja datang kesini dari Tasikmalaya, Garut, Karawang, Subang, bahkan Cirebon pun ada disini,”¬†urai Mahmuri.

Lebih lanjut, pria yang masih aktif jadi relawan Jamkeswatch Bekasi ini akan terus membuka pintu bagi para donataur yang sudi kiranya menyumbangkan sebagian hartanya untuk Rumsing.

“Bukan hanya merawat Rumasing saja namun, saya pun sering melakukan pendampingan pasien yang ada di sini ketika mau berobat ke Rumah Sakit yang ada di Bandung. Kedekatan, dan hubungan baik dengan setiap RS disini alhamdulillah bisa terjalin dengan baik. Kapsitas disini bisa menampung 15 pasien¬† namun saat ini ada 10 pasien yang kita tampung dengan berbagai penyakit yang dideritanya,” tambah Mahmuri.

Rombongan SPC yang didampingi Jamkeswatch Bekasi diajak berkeliling melihat satu persatu pasien yang ada dirumah singgah. Akan kaget kiranya jika memang belum terbiasa melihat keadaan pasien yang ada di Rumsing.

Dengan adanya kerja sama yang baik antara Jamkeswatch Bekasi dan komunitas Silaturahmi Perantau Cibitung (SPC) akhirnya bantuan yang disumbangkan bisa berjalan dengan lancar.

Penulis: Ale
Editor: Jhole
Foto: Ale