Berminat Kerja di Jepang, Ini Syaratnya

Jakarta,KPonline – Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia. Berbagai teknologi canggih seperti kita tahu juga berasal dari kehebatan orang – orang Jepang. Tak jauh berbeda, kemajuan dalam bidang kesehatan di Jepang pun sudah sangat diakui banyak negara. Namun demikian bukan berarti mereka tidak lagi membutuhkan bantuan dari negara – negara tetangga.

Sebagai informasi juga, pertumbuhan penduduk di Jepang boleh dikatakan kurang baik. Di sana jumlah kaum berumur atau lansia jauh lebih banyak bila dibanding dengan para kaum muda. Terlebih tak banyak pula warga Jepang sendiri yang mau dan berminat untuk menjadi perawat. Berbeda dengan di negara kita, Indonesia. Di sini jumlah kaum muda dan produktif masih sangatlah banyak dan banyak dari mereka pula yang meminati bidang kesehatan khususnya perawat sebagai salah satu pekerjaannya.

kabar baiknya, ternyata tenaga medis terutama perawat yang berasal dari Indonesia sangat disukai oleh orang-orang Jepang. Bahkan Kepala Nasional Bidang Ketenagakerjaan juga pernah menyatakan hal senada bahwa perawat kita (Indonesia) merupakan yang nomor 1 paling banyak diminati di Jepang. Hal itu juga dikuatkan dengan angka kelulusan seleksi yang cukup tinggi dibanding beberapa negara ASEAN lain.

Sehubungan dengan pelaksanaan penempatan calon TKI Kandidat Nurse (Kangoshi) dan calon TKI Kandidat Careworker (Kaigofukushishi) ke Jepang Program Government to Government (G to G) dalam kerangka Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) untuk penempatan tahun 2018,  calon TKI yang berminat bekerja ke Jepang dapat mendafkankan diri dengan syarat sebagai berikut :

Syarat Khusus calon TKI Kandidat Careworker (Kaigofukushishi)
Berusia maksimal sampai dengan 35 tahun per 31 Juli 2017
Pendidikan serendah-rendahnya D3 Keperawatan;
Melampirkan Foto copy ijasah pendidikan dan transkrip nilai dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose;
Melampirkan surat pernyataan bersedia ditempatkan sebagai careworker/ kaigofukushishi di Jepang, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer.

Syarat Khusus calon TKI nurse (kangoshi)
Berusia maksimal sampai dengan 35 tahun per 31 Juli 2017
Pendidikan serendah-rendahnya D3 Keperawatan atau telah lulus S1 Keperawatan ditambah Profesi Ners;
Pengalaman kerja 2 tahun, terhitung mulai tanggal terbit STR;
Melampirkan Foto copy ijasah pendidikan dan transkrip nilai dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose;
Melampirkan foto copy Surat Tanda Registrasi (STR) dari Kemkes/MTKI dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose;
Melampirkan surat keterangan pengalaman kerja atau surat keterangan kerja sebagai perawat sekurang-kurangnya 2 tahun komulatif per 31 Juli 2017.

Waktu pendaftaran untuk Calon TKI Kandidat Nurse (Kangoshi) dan Calon TKI Careworker (Kaigofukushishi) Program G to G ke Jepang untuk tahun Penempatan 2018 adalah 16 Maret s.d 30 Mei 2017. info lengkap dapat di lihat  di sini

 

Berita terkait :

Lebih Dalam Dengan Konsep “5S” Pada Perusahaan Jepang

Belajar Hubungan Industrial dari Jepang

 

 

 

Facebook Comments