Berkat Jamkeswatch, Pencairan Jaminan Kematian Pekerja Bisa Terealisasikan

  • Whatsapp

Pelalawan, KPonline – Rasa syukur dan ucapan terima kasih dari keluarga ahli waris atas Advokasi dari kawan-kawan relawan Jamkeswatch Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Riau atas bantuan telah didampingi dalam pencairan jaminan kematian pekerja Alm. Zunaidi salah satu pekerja di perusahaan swasta di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Kurang lebih 6 (enam) bulan berjalan keluarga Alm. Zunaidi merasa kesulitan dalam hal birokrasi karena kurangnya pengetahuan dalam proses penyelesaian santunan atas meninggalnya anak kandung dari Suharmin. Sebelum di advokasi relawan Jamkeswatch, dengan perpanjangan tangan dari pengurus Jamkeswatch Pusat Jakarta Muhammad Iqbal lubis dan Daryus, sekretaris Jamkeswatch Provinsi Riau Nofri Hendra yang secara intens berkomunikasi dengan Ketua Jamkeswatch Tabagsel yang merangkap sebagai Koordinator Jamkeswatch Provinsi Riau, Uluan Pardomuan Pane.

Bacaan Lainnya

Staff BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Pelalawan, Putra menyampaikan, “Menurut saya kehadiran Jamkeswatch di Kabupaten Pelalawan merupakan hal yang baru dan awalnya menduga hanya bisa mendampingi/mengawal untuk bidang pelayanan BPJS Kesehatan saja”.

“Akan tetapi kami sangat berterimakasih atas kehadiran Jamkeswatch di Provinsi Riau, karena dapat membantu kami untuk saling bersinergi memberikan informasi sehingga kami mengetahui permasalahan dilapangan terkait kekurangan kami dalam pelayanan BPJS di bidang Ketenagakerjaan,” pungkasnya dalam wawancara kepada awak Media Perdjoeangan pada Jum’at (14/08/2020) pukul 16.00 WIB di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Pelalawan.

Selasa (21/06/2020), rasa duka keluarga yang ditinggalkan sedikit terobati atas di klaimnya santunan Jaminan Kematian Alm. Zunaidi kepada ahli waris orang tua kandungnya Suharmin, berkat advokasi dari tim relawan Jamkeswatch Provinsi Riau.

Ekspresi bahagia degan mata berkaca-kaca pihak keluarga menyampaikan terimakasih kepada relawan Jamkeswatch yang hadir di Provinsi Riau dan memberi pemahaman serta pengetahuan terkait hak-hak apa saja yang didapatkan oleh ahli waris dalam klaim Jaminan Kematian (JKM) dari program pemerintah BPJS Ketenagakerjaan yang memperhatikan nasib pekerja-pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Jamkeswatch adalah pilar Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dalam hal mengawal pelayanan BPJS dan pengurus Jamkeswatch Provinsi Riau yang dikenal bersamaan dengan hadirnya pengurus Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di Provinsi Riau dapat membantu banyak orang termasuk masyarakat luas tidak hanya dalam bentuk hak-hak pekerja yang harus diperjuangkan tetapi juga memperhatikan jaminan kesehatan mereka.

(Gunawan Simbolon/Sari Yulianvi)
Fotografer: Marjoni

Pos terkait