Akankah Demo Tolak Omnibus Law 2508 Surabaya Diwarnai Aksi Sweeping Pabrik ?

  • Whatsapp

Surabaya, KPonline – Seperti diketahui bersama, bahwa hari ini (Selasa, 25/08/20) akan ada rencana aksi besar-besaran yang di lakukan oleh organisasi serikat pekerja/buruh KSPI – FSPMI di seluruh wilayah Indonesia.

Khusus di Surabaya, jika melihat aksi roadshow yang di lakukan kemarin (Senin, 24/08/20) oleh puluhan buruh dari FSPMI, yang pada saat itu berkeliling sekitar kawasan industri SIER, untuk melakukan sosialisasi ancaman Omnibus Law.

Bacaan Lainnya

Kabarnya, buruh Surabaya kali ini rencananya juga akan melakukan aksi penjemputan perwakilan pekerja pada setiap perusahaan di kawasan industri, dan jika masing-masing pabrik diketahui tidak memberikan perwakilan pekerjanya, maka sweeping pun akan di lakukan.

Jika memang benar kabar sweeping akan di lakukan oleh buruh terhadap setiap pabrik di kawasan industri, maka hal itu tentunya akan memantik sebuah ghiroh perlawanan yang dulu sempat berkobar saat era perjuangan buruh pada tahun 2013 – 2015.

Kala itu perjuangan buruh di Jawa Timur khususnya Surabaya, bisa di bilang sangat massif, karena pada kala itu hampir seluruh gerbang kawasan industri SIER yang di sweeping oleh massa aksi, berhasil di robohkan oleh mereka.

Alasan aksi mereka kala itu pun juga bisa di bilang masuk akal, sebab saat itu buruh di anggap tidak peka dan mayoritas tidak mau tahutahu tentang ancaman upah murah yang terus di lakukan oleh pemerintah, sehingga untuk “menyadarkan” para pekerja yang “tertidur pulas” dilakukan lah aksi seperti itu.

Akankah sweeping pabrik kepada buruh yang saat ini “tertidur pulas” kembali terjadi ???
Kita nantikan saja

(Bobby)

Pos terkait