4 Cara Alami Berhenti Merokok

  • Whatsapp
Foto Risiko Merokok di Kemasan ( image : tempo)

Jakarta,KPonline – Tahukah Anda bahwa mulai hari ini, pemerintah mewajibkan perusahaan memasang gambar peringatan kesehatan di kemasan rokok? Terdapat lima varian gambar yang bisa dipilih untuk dipajang di setiap bungkus rokok, yaitu yaitu risiko kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker paru-paru, bahaya merokok dekat anak, dan merokok membunuhmu.

Aturan gambar peringatan bahaya merokok itu diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 Tentang Pengamanan Produk Tembakau. Aturan itu menyebutkan gambar peringatan bahaya merokok harus dicantumkan di bagian atas kemasan sisi lebar bagian depan dan belakang. Gambar itu harus menutupi 40 persen permukaan. Tulisan “peringatan” juga harus dicantumkan dengan cetakan jelas dan mencolok.

Bacaan Lainnya

“Diberlakukan paling lambat 18 bulan terhitung sejak PP tersebut diundangkan,” kata Kepala Pusat Promosi Kementerian Kesehatan, Lily S. Sulistyawati, di Hotel Parklane, Jakarta Pusat, Selasa, 17 Juni 2014. Peraturan Pemerintah Tentang Pengamanan Produk Tembakau dikeluarkan 24 Desember 2012.

Merokok adalah salah satu penyebab utama kematian, akibat berbagai masalah kesehatan yang ditimbulkan, terutama kanker. Anda mungkin sudah mencoba permen karet nikotin dan produk pengganti nikotin lainnya untuk mengusir kebiasaan merokok, tapi ternyata tidak mempan. Mengapa tidak mencoba cara alami dan mudah untuk berhenti merokok, seperti dikemukakan Anand Agarwal, CEO situs Natural Mantra.com berikut:

1. Ginseng

Ginseng diketahui sangat efektif dalam mengurangi keinginan mengkonsumsi nikotin. Biasakan untuk meminum teh hijau yang diberi lidah buaya dan ginseng, dua kali sehari dan Anda tidak hanya akan mengusir jauh-jauh kebiasaan merokok, tapi juga menikmati manfaat kesehatan dari teh hijau, lidah buaya, dan ginseng.

2. Oat

Bahan di oat membantu mengurangi keinginan mengkonsumsi nikotin dan juga membantu mengurangi gejalanya. Sertakan oat atau gandum dalam Anda sarapan untuk melihat penurunan jumlah rokok yang Anda hisap.

3. Koenzim Q- 10

Ini adalah enzim yang diperoleh dari bahan fermentasi alami. Enzim ini merupakan antioksidan kuat. Ini tidak hanya mengurangi keinginan mengkonsumsi nikotin, tetapi juga memperbaiki paru-paru yang rusak akibat rokok.

4. Minum air

Setiap kali Anda merasakan keinginan untuk rokok, ambillah segelas air putih untuk diminum, yang akan segera membunuh keinginan Anda untuk merokok.

Sumber : Tempo

 

Pos terkait