Selamat Datang Jaringan 5G

California,KPonline – Apple akan menguji teknologi jaringan Internet nirkabel generasi kelima alias jaringan 5G di California, Amerika Serikat dalam waktu dekat ini. Seperti dilansir laman berita The Verge, uji coba ini akan memakai teknologi gelombang milimeter (mmWave) agar jaringan internetnya bisa sampai ke rumah-rumah.

Uji coba ini sekaligus untuk menilai kemampuan jaringan seluler di jalur langsung dan multi-jalur antara pemancar dan penerima stasiun. “Juga, mengumpulkan data teknis dalam pengoperasian perangkat jaringan 5G,” demikian laman The Verge melaporkan.

Koneksi jaringan 5G akan memiliki kecepatan unduh maksimal 27,5 gigabita per detik (gbps). Ini setara puluhan kali lebih cepat dibanding kecepatan saat ini. Sekarang, kecepatan 4G berada pada rentang 100 megabita per detik (Mbps) hingga 1 gbps. Kalau satu film DVD blueray bisa mencapai kapasitas 4 gigabita, artinya hanya butuh mengunduh enam film blueray hanya dalam waktu satu detik.

Jaringan 5G sendiri cukup lama menjadi perbincangan berbagai pihak.

Teknologi itu disebut akan menyajikan jaringan yang lebih kencang dan efisien ketimbang 4G yang sudah dinikmati banyak pengguna saat ini.

Jaringan 5G bahkan kini memasuki tahap selanjutnya dimana 3rd Generation Partnership Project (3GPP), yakni organisasi yang mengatur standar seluler telah menandatangani spesifikasi pertama untuk 5G. Hal tersebut berlangsung dalam sebuah pertemuan di Lisbon, Portugal, sebagaimana dilaporkan Fierce Wireless

Facebook Comments