Pelatihan Janaiz, Lebih Akrab Dengan Kematian

Bekasi,KPonline – DKM DARUL MA’ARIJ dan PUK SPL FSPMI PT.Marsol Abadi Indonesia – PT.Taiyo Marsol Indonesia melakukan pelatihan janaiz atau penanganan jenazah untuk anggota.

Setiap yang bernyawa pasti akan menghadapi kematian. Ya, tak sedikit yang menganggap remeh hal tersebut bahkan melupakannya. Terkadang lupa bahwa dirinya, orang tua, istri, suami, anak, dan semua orang di sekitarnya akan menghadapi takdir pasti itu. Kematian.

Mengurus jenazah bukanlah hal yang mudah dilaksanakan. Dan jika di sebuah daerah ada seorang muslim yang meninggal, lalu tidak ada satu pun muslim yang mengurusnya, maka semua muslim yang ada di daerah tersebut berdosa.

Selepas pulang kerja, pekerja masih sangat antusias mengikuti program pelatihan Janais. Hal ini dilakukan karena sangat penting bagi kita semua karena sebagai muslim kalau terjadi musibah meninggal dunia keluarga terdekatlah yg harus memandikan, mengkafani, menguburkan.

Praktek dimulai dari mempersiapkan kain kafan yg dipotong sesuai ukuran boneka yg digunakan sebagai media, setelah itu memandikan dan mengkafani. Aroma kapur barus yg menyengat membuat suasana pelatihan menjadi hidup sehingga membuat para peserta ada yg meneteskan air mata dan haru dalam hatinya.(Yanto)

Facebook Comments