Webinar Institut Teknologi PLN, YLKI : Hindari PHK dan Perbaiki Hak-hak Pekerja Pencatat Meter

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Institut Teknologi PLN mengadakan webinar seriset 2 melalui aplikasi zoom, mengangkat tema SOLUSI CATAT METER UNTUK KEADILAN PRODUSEN DAN KONSUMEN, pada Jumat (03/07/2020).

Acara ini berlangsung dimulai pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB. Sedangkan narasumber seluruhnya berasal dari insan PLN kecuali satu dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Tema yang diangkat tentu saja masih terkait lonjakan tagihan listrik yang naik tidak wajar. Nara sumber dari PLN, Ir. Bob Saril M.Eng.Sc dalam penutupan menyampaikan bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik PLN akan tetapi tagihan naik pada pengguna tenaga listrik rumah tangga diakibatkan aktivitas penggunaan listrik lebih banyak karena masyarakat lebih banyak di rumah sejak wabah Covid19 dan kebijakan work from home (WFH).

Dari narasumber yang berbeda menyampaikan wacana digitalisasi sistem baca meter untuk menghindari kesalahan yang serupa terjadi. Selain itu sistem yang disebut smart meter ini memiliki keandalan sampai masyarakat bisa melihat pemakaian secara mendetail.

Tulus Abadi selalu Ketua Pengurus Harian YLKI menyambut rencana digitalisasi ini dengan kritis. Beliau mengungkapkan jangan sampai sistem smart meter harus mengorbankan tenaga kerja pencatat meter PLN.

Selain itu, Tulus dalam bahan presentasinya disampaikan pesan agar perbaiki hak-hak pekerja OS PLN di bagian pencatat meter. Hal ini terkait pernahnya dia menerima pengaduan dari pekerja pencatat meter PLN karena hak-hak mereka sebagai pekerja tidak diperhatikan oleh perusahaan. (Chandra)