Upaya Peningkatan Kesejahteraan Pekerja, PUK PT. Pincuran Sinanjung Mas Lakukan Dialog dengan Perusahaan

  • Whatsapp

Tuban,KPonline – Perwakilan pekerja PT. Pincuran Sinanjung Mas (PSM) menemui manajemen perusahaan, pada Selasa (26/1/2021) di Site Office PT. PSM yang berada di Area Pabrik PT. Solusi Bangun Indonesia (SBI) Tuban.

Bacaan Lainnya

Pertemuan dengan agenda perundingan pembaharuan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) itu sengaja digelar untuk menyikapi rencana perpanjangan kontrak kerja oleh perusahaan asal Cilacap.

Saat dikonfirmasi setelah rapat usai, Ketua Pimpinan Unit Kerja (PUK), Matnur mengungkapkan bahwa rapat tersebut sebagai tindak lanjut surat yang telah dikirim kepada manajemen perusahaan.

Ada 5 point yang dihasilkan dari rapat yang digelar terbatas tersebut, perubahan klausul yang ada di perjanjian lama hingga perubahan status hubungan kerja.

“Sesuai permintaan yang sebelumnya kita sampaikan melalui surat, harus ada kenaikan tunjangan tetap, kedua Jobdisk yang lebih spesifik dikontrak kerja, Ketiga adanya bonus tonase setiap tahunya.

“Selanjutnya kita juga meminta jas hujan untuk dipakai saat musim hujan seperti saat ini, dan terakhir mengangkat status pekerja Harian Lepas (HL) menjadi PKWT”, terang matnur saat menyampaikan hasil rapat.

Senada dengan yang disampaikan Matnur , Wakil Ketua PUK PT. PSM, Nursam yang juga ikut dalam rapat perundingan memperjelas, dari 11 pekerja yang masih berstatus  HL, rencananya dikontrak mendatang akan dipekerjakan dengan status Perjanjian Kerja Waktu Tertentu.

“Hampir 2 tahun lebih mereka bekerja dengan status HL, harapan kita dengan adanya perubahan status hubungan kerja, kesejahteraan mereka pun akan meningkat”. jelasnya.

Sementara itu, HRD PT. Pincuran Sinanjung Mas, Wahyuddin menyambut baik permintaan pekerja dengan bukti hasil rapat yang sebelumnya telah disampaikan oleh pengurus PUK.

“Sudah sama-sama kita sepakati dengan PUK, semua yang dimohonkan akan kita akomodir, realisasinya dalam perjanjian kontrak mendatang”, paparnya.

Diketahui, kontrak kerja PT. PSM dengan pekerjanya dari sektor Packer dimulai pada 2017 silam, setelah ditunjuk PT. Semen Holcim (Sekarang PT. SBI) sebagai Vendor pemenang tender untuk pekerjaan yang ada di Pabrik Tuban.

(Samsul Ma’arif)

Pos terkait