Untuk Kemajuan Pekerja dan Organisasi, Ini Yang Dilakukan PUK SPAI FSPMI PT. Wintextile

Purwakarta, KPonline – Minggu, 25 Agustus 2019. Pentingnya ilmu serta wawasan yang harus dimiliki oleh pekerja, khususnya rekan-rekan anggota PUK SPAI FSPMI PT. Wintextile dalam menghadapi segala permasalahan hubungan industrial yang kadang terjadi dan selanjutnya bisa merugikan pekerja karena akan mengurangi atau kehilangan hak-hak mereka sebagai pekerja, Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Aneka Industri Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia PT. Wintextile mengadakan Pendidikan Dasar Serikat Pekerja di Kantor Konsulat Cabang FSPMI Purwakarta.

 

Bacaan Lainnya

Fuad BM, Alin Kosasih ikut hadir dalam kesempatan tersebut dan selaku pengajar atau pemberi materi (Tutor) dalam agenda Pendidikan Dasar Organisasi adalah Hendra Mulyadi.

“Pemerintah telah kebablasan atas hal investasi, dimana mencoba memberi kemudahan kepada investor dengan tidak mengedepankan lagi keadilan sosial bagi pekerja. Praktik upah murah dan hal lainnya melalui kebijakan yang merugikan pekerja, merupakan bukti kalau pemerintah beserta pengusaha tidak lagi memanusiakan buruh yang seharusnya memang harus dimanusiakan.” ucap Fuad (Ketua KC FSPMI Purwakarta)

Pendidikan serikat pekerja adalah berdasarkan pengembangan ide-ide dan pengalaman-pengalaman melalui kerja secara bersama yang dilakukan dalam kelompok kecil atau dalam group. Pendidikan serikat pekerja adalah akan membantu pekerja dalam membekali mereka melalui pengetahuan dan keterampilan yang dapat dipergunakan oleh mereka dalam menghadapi segala permasalahan-permasalahan ditempat kerja.

“Sebagai pekerja dan anggota FSPMI harus bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi segala tantangan hidup ke depan dengan menumbuhkan semangat pada diri kita untuk terus termotivasi dalam berbuat kebaikan. Kemudian Jalin terus kebersamaan sesama anggota dengan memiliki visi dan misi dimana kita harus tetap berpikir positif serta optimis tanpa mengadopsi rasa iri dan dengki, baik itu di dalam pabrik maupun dalam organisasi,” tambah Fuad.

 

Pendidikan serikat pekerja adalah pusat kebutuhan organisasi dan berperan sangat penting dalam pembangunan kapasitas organisasi. 

“Dengan diadakannya pendidikan ini, selain memenuhi kewajiban sebagai pengurus yang memberikan pendidikan kepada anggota, kita menciptakan kader-kader muda untuk regenerasi atau keberlangsungan organisasi di masa depan,” ucap hadi (Ketua PUK SPAI FSPMI PT. Wintextile). 

 

Organisasi dapat dibangun dengan kuat ketika kualitas para anggota dan para pemimpinnya setara dalam pengetahuan dan keterampilan, pendidikan akan menuntun perubahan akan pengetahuan dan keterampilan untuk membuat sistem serta menguatkan strategi organisasi ke arah yang lebih baik dan kuat.

Pos terkait