Training Organising IndustriAll,  Pentingnya Kampanye dan Pengorganisasian

  • Whatsapp

Batam,KPonline – Hadir dalam Training Organising IndustriAll Global Union di Batam hari ini (5/11) yang berlokasi di Best Western Hotel, Vice Presiden FSPMI, Kahar S. Cahyono, memberikan materi tentang pentingnya media dalam sebuah organising dalam sebuah organisasi khususnya serikat pekerja.

Bagaimana orang yang belum berserikat mau berserikat, dan yang sudah berserikat aktif dalam kegiatan serikat pekerja. Tim media adalah alat untuk menggerakkan sebuah pergerakan perjuangan kepentingan pekerja. Tim media harus ada dan hadir dalam organisasi, kegiatan advokasi, pendidikan dan lainnya agar bisa tersampaikan kepada orang di dalam dan di luar organisasi paham pentingnya berorganisasi serikat pekerja.

Bacaan Lainnya

Kahar S. Cahyono menceritakan tentang Tirto Adi Suryo, yang menjadi bapak wartawan Indonesia. Beliau menggabungkan organisasi dan media dalam membela kaum yang terperintah atau pekerja.

Contoh dalam melakukan sebuah pergerakan, Tirto Adi Suryo memberitakan buruh perkebunan di Deli Serdang, ini terjadi sekitar tahun 1906 sebelum berdirinya Boedi Oetomo. Dengan menggunakan media maka perjuangan pembelaan terhadap buruh tersebut yang saat itu Tirto dengan organisasinya Syarikat Priyayi, diketahui oleh daerah-daerah lain di sekitar Jawa hingga Sumatera. Dan ini salah satu hasil dari manfaat publikasi media.

Pentingnya media untuk menginformasikan capaian-capaian dari keberhasilan organisasi dapat mengajak yang lainnya juga bergerak untuk tujuan kesejahteraan buruh itu sendiri. Seperti yang disampaikan
Pramoedya Ananta Toer, kata adalah senjata, bagaimana media memberitakan kebaikan-kebaikan perjuangan serikat pekerja

Kampanye harus terus berulang agar orang tau apa yang sedang diperjuangkan oleh serikat pekerja, jadi memang harus berulang hingga akan dipahami oleh pekerja.

Beberapa teknik kampanye bisa dilakukan dengan memberi label negatif dan menolak tanpa harus melihat kenyataannya jika itu merugikan kesejahteraan pekerja. Memberikan gambaran positif atau mengasosiasikan kepada hal positif. Membawa energi dari luar dengan mengasosiasikan dengan tokoh tertentu yang terkenal. Testimoni dan kesaksian akan membantu membuat orang lain percaya. Dan bisa juga dengan kita menjadi seperti yang buruh inginkan serta peduli dengan permasalahan yang mereka hadapi.

Rencananya training organising yang diadakan IndustriAll Global Union ini akan berlangsung selama dua hari( Dion)

Pos terkait