Tim Shodaqoh Ormas Beraudiensi Dengan Dinas Lingkungan Hidup Bandung Barat

  • Whatsapp

Bandung, KPonline – Dalam rangka meningkatkan perannya J-Balad gandeng beberapa organisasi lain untuk bersama-sama melakukan upaya dan langkah-langkah kongkrit demi terciptanya masyarakat yang sejahtera. Audiensi di gelar di komplek perkantoran Bandung Barat Jalan Ngamprah Padalarang pada selasa (16/02/2021).

Tepatnya diruang rapat kantor dinas lingkungan hidup kabupaten Bandung Barat, aktivis-aktivis pegiat Lingkungan Hidup yang tergabung dalam team shodaqoh tersebut adalah gabungan dari 7 (tujuh) Elemen Lembaga yaitu : J-BALAD, Kabut Indonesia,
Urang Parongpong (UP), Karang Taruna Kecamatan Parongpong, Agotax Parongpong, Komunitas Informasi Citarum dan Tagana Kecamatan Parongpong. Tim Shodaqoh yang di wakili oleh beberapa ketua Lembaga dan perwakilan jajarannya tersebut, melakukan audiensi dengan kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat beserta jajarannya.

Bacaan Lainnya

Alhamdulilah Ir. Anugrah (selaku perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup), merespon sekaligus mendengar dan dapat diskusi bertukar pikiran dengan team shodaqoh seputar kegiatan-kegiatan yang selama ini dilakukan oleh team shodaqoh.

Beberapa program atau kegiatan tersebut diantaranya :
1. Bank Sampah
2. Konversi Sampah yang di olah menjadi logam mulia.
3. Pengolahan Sampah Rumah Tangga dan Kohe menjadi pupuk organik.
4. Pengolahan Sampah r
Rumah Tangga menjadi pakan magot.
5. Program sedekah sampah plastik untuk pemulung agar penghasilannya meningkat.

Menurut Arie Juharie (selaku ketua J-Balad) mengatakan, bahwa biasanya mereka yang direncanakan di buang di tempat sampah, khusus yang di design oleh Mang Yayan (selaku ketua Urang Parongpong), kemudian juga program-program kegiatan lainnya yang selama ini dilakukan seperti penanaman pohon di daerah-daerah rawan bencana.

Secara bergantian para ketua dan perwakilan dari team shodaqoh memaparkan kegiatan-kegiatan-kegiatan dan program-program nya kemudian di selingi dengan diskusi-diskusi yang sangat menarik.
Team shodaqoh sendiri tidak ada ketua nya. Namun
Kami lebih sebagai team silaturahmi yang sama-sama mempunyai kepedulian terhadap kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan dan lingkungan, karena kesamaan visi itulah akhirnya kami bisa bersama-sama berjalan kurang lebih 2 tahun ini.

Alhamdulillah terjalin camestry dan tetap konsisten dalam berkegiatan, satu hal saja bagi kami intinya merupakan suatu kebahagian saat kami bisa berkontribusi terhadap alam dan terus berkampanye, bahwa melestarikan lingkungan hidup, berkegiatan membersihkan sampah-sampah liar yang sementara ini kami fokus di wilayah utara. yang merupakan jalur utama destinasi wisata seperti Curug Pelangi dan jalan-jalan protokol seperti jalan kolonel Masturi dan Lambang, tapi kami pun turun di Kecamatan-Kecamatan lainnya dan bergabung dengan team relawan lainnya bila ada undangan atau permintaan untuk berkegiatan bersama.

Motto kami Bandung Barat Bersih.
Dan kami bahagia bila dalam hidup, kami bisa berkegiatan yang bermanfaat bagi orang lain. Salam Lestari
Kita jaga alam
Alam jaga kita.

Pos terkait